Apakah Pasien Long Covid Masih Bisa Menularkan Virus? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 25/07/2021, 09:20 WIB
Ilustrasi long covid pada anak. Anak memakai masker Shutterstock/Vitalii StockIlustrasi long covid pada anak. Anak memakai masker

KOMPAS.com - Sejumlah pasien Covid-19 mengalami gejala yang berbeda-beda. Bahkan dalam beberapa kasus juga ditemukan gejala berkepanjangan yang dikenal istilah long covid.

Pada kasus Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang, pasien dapat sembuh dalam dua atau tiga minggu mulai dari awal gejala.

Namun bagi sejumlah orang masih merasakan gejala hingga lebih dari empat minggu sejak awal muncul (long covid).

Berapa lama gejala long covid dapat dialami pasien?

Mengutip Kompas.com, Direktur medis pengendalian University of Wisconsin, Dr Nasia Safdar mengatakan gejala berkepanjangan penyakit Covid-19 yang masih tergolong baru akan terus diteliti.

Baca juga: Tanda Awal Seseorang Berpotensi Terkena Long Covid-19

Hingga sasat ini belum ada informasi yang cukup untuk memastikan berapa lama long covid bertahan dan akan ada banyak "variasi" pada setiap periode pemulihan pasien Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sejauh yang kami tahu adalah selama enam bulan seseorang masih merasakan gejala. Jadi mungkin (bertahan) sekitar satu tahun, semoga tidak lebih lama dari itu," katanya, seperti dilansir CNET.

Sebuah studi juga melaporkan bahwa seperempat partisipan studi memiliki gejala long covid antara enam hingga delapan bulan sejak infeksi awal.

Sementara gejala umum long covid seperti kelelahan, nyeri otot, sakit kepala hingga depresi.

Lalu apakah pasien dengan gejala long covid masih dapat menularkan virus?

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.