5 Negara yang Bantu Indonesia Saat Kasus Covid-19 Melonjak

Kompas.com - 25/07/2021, 07:32 WIB
Ilustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19. PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Indonesia melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Jumlah penduduk yang terkonfirmasi positif virus Corona meningkat, sebagian di antaranya berhasil sembuh, namun tak sedikit juga yang tak tertolong.

Fasilitas kesehatan nyaris "ambruk", bila tidak bisa dikatakan collapse. Rumah sakit tak mampu lagi menampung pasien, banyak tenaga kesehatan ikut terinfeksi Covid-19, kelangkaan oksigen, dan berbagai masalah lainnya.

Pandemi Covid-19, selama hampir dua tahun belakangan, memang menjadi masalah global. Krisis kesehatan yang sedang terjadi di Indonesia, pernah atau bahkan masih dialami oleh negara-negara lain.

Oleh sebab itu, solidaritas antar negara menjadi sangat penting saat ini. Bantuan dalam bentuk apapun yang membantu meringankan penanganan krisis akibat Covid-19 di suatu negara menjadi sangat berharga.

Solidaritas itu juga ditunjukkan Indonesia kepada beberapa negara yang pernah mengalami krisis kesehatan akibat penyebaran virus Corona, seperti India dan China.

Baca juga: Mencari Keteladanan di Masa Pandemi Covid-19

Pada awal 2020, Indonesia mengirimkan sejumlah paket masker kepada China. Sementara beberapa bulan lalu, ribuan tabung oksigen dikirim ke India untuk mengatasi gelombang kedua Covid-19 yang terjadi di negara tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini sebaliknya, saat Indonesia mengalami krisis akibat kemunculan Covid-19 varian Delta, sejumlah negara mengirimkan bantuan yang mendukung penanganan pandemi di Tanah Air.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (21/7/2021), berikut ini 5 negara yang mengirim bantuan kepada Indonesia untuk menangani peningkatan kasus Covid-19.

1. China

Sebagaimana dilaporkan Kompas.com (15/7/2021), Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menjadi perwakilan Indonesia yang menerima bantuan senilai 7,8 juta dollar AS dalam bentuk vaksin dan peralatan medis lain dari China pada 15 Juli 2021 lalu.

Halaman:

Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.