Kompas.com - Diperbarui 03/10/2021, 05:31 WIB
Ilustrasi kopi. PIXABAY/COCOPARISIENNEIlustrasi kopi.

KOMPAS.com - Minum kopi di pagi hari sudah menjadi ritual sebelum memulai aktivitas bagi sebagian orang, namun terkadang menimbulkan dilema ketika ingin mengkonsumsi suplemen vitamin.

Seperti minum susu, masih banyak dari kita yang bingung manakah yang benar untuk dikonsumsi terlebih dahulu: kopi atau vitamin?

Berbagai penelitian menunjukkan segunung manfaat kopi bagi kesehatan tubuh kita. Konsumsi kopi dapat mengurangi risiko tumor otak hingga stroke iskemik.

Kopi—atau hanya kafein saja—juga telah terbukti meningkatkan memori jangka panjang dan mengurangi peroksidasi lipid di otak orang lanjut usia.

Selain itu, minum kopi dapat membantu mengimbangi kerusakan hati yang disebabkan oleh konsumsi berlebihan makanan dan alkohol tertentu. Para ahli merekomendasikan satu hingga dua cangkir sehari agar kopi bermanfaat untuk kesehatan hati.

Namun di balik segala kelebihannya, kopi memiliki beberapa efek samping yang perlu diwaspadai pula.

Baca juga: Mengenal Manfaat Kopi untuk Organ Hati

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisa ganggu penyerapan vitamin dan mineral tertentu

Setiap minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat dan beberapa soda dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral. Termasuk meningkatkan ekskresi zat-zat tersebut dari tubuh.

Pertanyaannya; lalu apa manfaat vitamin?

Vitamin dan mineral adalah “mikronutrien” yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil namun tetap. Tubuh Anda tidak dapat membuat sebagian besar zat gizi mikro, jadi Anda harus mendapatkannya di sumber lain.

Vitamin adalah zat alami yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Ada dua jenis vitamin: yang larut dalam air dan larut dalam lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.