4 Tahun Lagi, 10 Pekerjaan Ini Menjanjikan Masa Depan Cerah

Kompas.com - 24/07/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi artificial intelligence seattletimes.comIlustrasi artificial intelligence

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah pasti membutuhkan banyak pertimbangan; mulai minat dan bakat, hingga kredibilitas kampus yang dituju. Jika kalian menaruh perhatian pada prospek kerja usai studi, ada baiknya menengok daftar pekerjaan yang menjanjikan 4 tahun mendatang.

Tak dapat dipungkiri, salah satu harapan menempuh pendidikan tinggi adalah masa depan karir. Pertanyaan yang selalu hinggap di kepala biasanya adalah akan menjalani profesi seperti apa usai lulus kuliah.

Pasalnya, pandemi Covid-19 turut mempengaruhi berbagai bidang pekerjaan yang di masa mendatang. Sembari mengasah kemampuan baik hard skill maupun soft skill, Anda perlu berpikir lebih visioner.

Sehingga, kesempatan Anda untuk memilih pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat juga semakin luas. Termasuk menyesuaikan kebutuhan dan tuntutan zaman.

Baca juga: Cuma Modal Handphone, Berikut Profesi Menjanjikan Cuan di Era Digital

Disrupsi teknologi pada pekerjaan manusia

World Economic Forum (WEF) meluncurkan sebuah laporan mengenai prediksi pekerjaan apa saja yang paling banyak dicari di tahun 2025. 

Akibat pandemi Covid-19, adopsi teknologi di beberapa bidang seperti penggunaan robot dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) bakal semakin meningkat. Laporan itu menyebutkan, sekitar 84 persen bisnis berencana untuk mempercepat digitalisasi dalam proses kerja dan penggunaan alat digital, seperti konferensi video.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, setengah dari bisnis yang disurvei berencana untuk mempercepat otomatisasi tugas. Makanya, laporan WEF itu memperkirakan kelak pada tahun 2025, lama waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan-pekerjaan akan sama antara manusia dan mesin.

Baca juga: 10 Pekerjaan Ini Akan Segera Digantikan Robot, Apa Saja?

Terlepas dari tantangannya, ekonom Klaus Schwab, pendiri dan ketua eksekutif WEF, mengajak kita optimis tentang masa depan pekerjaan. Disrupsi teknologi, kata dia, juga dapat memberikan kunci untuk membantu kita mempelajari keterampilan baru.

“Berkah inovasi teknologi yang mendefinisikan era kita saat ini, juga dapat dimanfaatkan untuk memunculkan potensi manusia," ujarnya.

10 pekerjaan yang menjanjikan

Pada tahun 2025, ada 10 profesi yang diprediksi akan menjadi paling bersinar. Kompas.com merangkumnya dari laporan panjang Future of Jobs Survey 2020 oleh World Economic Forum:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber WEFORUM
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.