Masker Mana Efektif Tangkal Varian Covid-19 Baru, Medis atau Kain? Ini Kata Kemenkes

Kompas.com - 21/06/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi masker KN95 SHUTTERSTOCK/Boumen JapetIlustrasi masker KN95

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memastikan masuknya varian virus Alpha (B.1.1.7), Beta (B.1.351), dan Delta (B.1.617.2) di Indonesia.

Hal ini berdasarkan temuan kasus di sejumlah provinsi yang terdeteksi memuat ketiga virus yang dinyatakan sebagai variant of concern oleh Badan Kesehatan Duni (WHO) itu. 

Varian-varian baru tersebut diketahui memiliki kemampuan transmisi yang lebih cepat jika dibandingkan dengan strain virus asal yang pertama terdeteksi di Wuhan, China, akhir 2019.

Tingginya kecepatan transmisi, terutama terdapat pada varian Delta yang kini sudah merebak di 6 provinsi di Indonesia.

Untuk melindungi diri dari paparan beragam varian virus tersebut, benarkah penggunaan masker medis lebih direkomendasikan dibanding penggunaan masker kain 3 lapis?

Baca juga: Yang Diketahui Sejauh Ini soal Virus Corona Varian Delta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penjelasan Kemenkes

Menjawab hal itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan baik masker medis maupun masker kain, tetap memiliki efektifitas untuk menangkal paparan virus corona.

"Masker kain berlapis tetap memiliki proteksi menyaring virus untuk bisa masuk," kata Wiku saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Wiku juga tidak menampik masker medis memiliki kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan masker kain, untuk urusan yang satu ini.

"Memang masker medis lebih teruji dan terstandar dari pada masker kain," ujar dia.

Namun, Wiku menegaskan, tak ada rekomendasi khusus satgas untuk penggunaan masker medis saja.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X