9 Negara Ini Dulu Dipuji dalam Menangani Covid-19, Kini Mereka Kewalahan...

Kompas.com - 19/06/2021, 08:40 WIB
Ilustrasi Covid-19 KOMPAS.COM/(Shutterstock/Petovarga)Ilustrasi Covid-19

KOMPAS.com - Sembilan negara di kawasan Asia Pasifik ini dulu dipuji karena penanganan pandemi Covid-19. Bahkan, beberapa di antara mereka masuk peringkat terbaik dunia.

Namun kini, mereka kewalahan menghadapi penyebaran Covid-19.

Sembilan negara yang dipuji itu antara lain Australia, Selandia Baru, Singapura, Vietnam, Jepang, Hongkong, Korea Selatan dan Taiwan.

Dikutip dari BBC Indonesia, sembilan negara itu disebut mampu mengatasi Covid-19 pada tahun 2020 melalui tindakan agresif seperti penguncian ketat dan pelacakan kontak. Cara itu selanjutnya sering direplikasi oleh negara-negara seluruh dunia.

Pada awal pandemi, kasus Covid-19 di sembilan negara ini relatif rendah. Korea Selatan 149.191 kasus Covid-19, Jepang 777.979 kasus, Tawian 13.241 kasus, Hong Kong 11.880 kasus, dan Vietnam 11.304 kasus.

Baca juga: Surat Terbuka untuk Jokowi: Situasi Pandemi Covid-19 Saat Ini Sudah Genting!

Selanjutnya Covid-19 di Singapura 62.315 kasus, Australia 30.286 kasus dan Selandia Baru paling rendah 2.711 kasus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa langkah dilakukan oleh negara-negara tersebut. Langkah pertama adalah menutup perbatasan. Sebagian besar negara itu adalah kepulauan sehingga kontrol ketat wilayahnya relatif mudah.

Australia adalah negara yang paling ketat mengontrol perbatasan. Bahkan negara itu melarang warganya yang berada di luar negeri untuk kembali karena dikhawatirkan membawa virus.

Jika mendeteksi ada kasus baru, Australia langsung melakukan pelacakan kontak (tracing) demi mencegah penularan.

Australia juga menerapkan karantina wilayah yang ketat di ibu kota negara bagian, sekalipun di wilayah itu hanya ditemukan satu kasus.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X