Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Bayaran David Alaba Bermain di Real Madrid?

Kompas.com - 30/05/2021, 09:32 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - David Alaba, bek asal Austria, resmi bergabung dengan klub Real Madrid.

Sebelumnya ia dikabarkan mencapai kesepakatan lisan terkait bayaran untuk bermain di klub Real Madrid, yakni 10 juta euro atau Rp 174,4 miliar per musim.

Bergabungnya David Alaba ke Real Madrid disampaikan klub asal Spanyol dalam situs resminya, Jumat (28/5/2021).

Real Madrid menyampaikan bahwa David Alaba dikontrak selama lima musim hingga 2026.

"Real Madrid telah mencapai kesepakatan dengan David Alaba yang akan menjadi pemain klub selama lima musim ke depan," tulis Real Madrid dilansir KompasBola, Jumat.

Menurut Real Madrid, David Alaba akan diperkenalkan sebagai pemain baru klub usai Euro 2020.

Baca juga: David Alaba Resmi Gabung Real Madrid, Teken Kontrak hingga 2026

David Alaba bergabung dengan Real Madrid dengan status bebas transfer.

Sebelumnya, David Alaba dan Real Madrid sudah melakukan kesepakatan verbal terkait bayarannya selama lima musim ke depan.

Surat Kabar Spanyol Mundo Deportiva dilansir Antarnews, menyebutkan David Alaba akan mendapat bayaran 10 juta euro atau Rp 174,4 miliar per musim.

Namun itu masih kesepakatan secara lisan. Sementara di sisi lain, ada sejumlah klub yang terus memantau Alaba, termasuk Barcelona.

Bahkan, klub Paris Saint-German dikabarkan menawarkan kontrak kepada pemain timnas Austria itu senilai 15 juta euro atau 261,7 miliar per musim.

Sebenarnya, David Alaba pernah ditawari untuk memperpanjang kontrak dengan Bayern Muenchen oleh sang CEO Karl-Heizn Rummenigge. Namun Alaba menolak tawaran itu dengan alasan ingin mencari pengalaman baru di luar Jerman.

Ia akhirnya resmi menyatakan keluar dari Bayern Muenchen, tim yang dibelanya selama 10 musim.

Hengkangnya Alaba dari Bayern Muenchen dimanfaatkan oleh Real Madrid. Salah satu klub raksasa asal Spanyol itu kemudian melakukan negosiasi dengan Alaba hingga akhirnya mencapai kesepakatan.

Untuk mendapatkan David Alaba, Real Madrid bersaing dengan klub elite lain asal Eropa, seperti Manchester City, PSG, Chelsea, dan Liverpool.

Profil David Alaba

Melansir Antaranews, David Alaba adalah pemain sepak bola profesional dari ayah berkebangsaan Nigeria dan ibu asal Filipina. Ia dilahirkan di Wina, Austria.

Saat usia 16 tahun, Alaba bermain di Rapid Vienna setelah lulus dari akademi muda Bayern.

Baca juga: Kapan David Alaba Bergabung dengan Real Madrid?

Ia sempat dipinjamkan di Hoffenheim dan menghabiskan karir profesionalnya di Bayern.

Sejumlah prestasi dalam sepak bola pernah diraih Alaba. Ia pernah memenangkan sembilan gelar juara di enam Piala Jerman, tiga Piala Super Jerman, dua Liga Chanpions, dua Piala SuperItalia dan dua Piala Klub. (Penulis: Parahdilla Puspa | Editor: Sem Bagaskara)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com