Cara Booking Online Pendakian Gunung Semeru dan Merbabu

Kompas.com - 28/05/2021, 19:30 WIB
KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Lanskap Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (19/9/2019). Ranu Kumbolo menjadi sumber air bersih bagi pendaki Gunung Semeru. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOKEINDAHAN ALAM INDONESIA - Lanskap Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (19/9/2019). Ranu Kumbolo menjadi sumber air bersih bagi pendaki Gunung Semeru.

KOMPAS.com - Hobi mendaki gunung bisa jalan terus selama pandemi, asal harus melihat kondisi dan mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selama pandemi, beberapa gunung membuka tutup jalur pendakiannya dengan berbagai alasan.

Yang pertama, tentu saja untuk menekan penyebaran Covid-19. Yang kedua, adalah alasan pemeliharaan ekosistem dan bahaya cuaca buruk.

Seperti Gunung Semeru di Jawa Timur, yang sempat melakukan buka tutup jalur pendakian lantaran risiko cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi yang pernah terjadi di awal tahun lalu.

Namun seperti diberitakan Kompas.com (23/05/2021), jalur Semeru sudah kembali dibuka sejak Senin, 24 Mei 2021.

Namun Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tetap mengeluarkan persyaratan pendakian demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kuota pendakian reguler sendiri dibatasi sebanyak 130 orang pendaki saja tiap harinya. Sedangkan untuk pendakian reschedule, dibatasi hanya 170 orang saja per harinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tersesat, Kucing Ini Ikuti Pendaki hingga ke Puncak Gunung Setinggi 3.000 Meter

Cara booking online Semeru

Panorama puncak Mahameru dilihat dari Pos 2 Gunung Semeru, Jawa Timur, Rabu (18/9/2019). Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Panorama puncak Mahameru dilihat dari Pos 2 Gunung Semeru, Jawa Timur, Rabu (18/9/2019). Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut.
Agar bisa masuk ke dalam kuota, Anda harus melakukan booking online pendakian dulu sebelum jadwal keberangkatan.

Berikut ini adalah cara booking online Gunung Semeru:

1. Login ke laman resmi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.