Konsumsi Obat Mag Setiap Hari Selama Puasa, Perhatikan Saran Dokter Ini

Kompas.com - 18/04/2021, 09:25 WIB
Ilustrasi obat ShutterstockIlustrasi obat

KOMPAS.com - Bagi para penderita lambung atau sakit mag, biasanya akan mengonsumsi obat mag selama menjalankan ibadah puasa.

Hal ini dilakukan demi kelancaran menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 

Seperti yang dialami oleh seseorang dalam unggahan akun @undipmenfess pada Sabtu (17/4/2021).

Ia khawatir karena terlalu sering minum obat sakit mag selama puasa. Jika tidak minum obat mag, ia mengaku tidak bisa berpuasa.

Baca juga: Cara Mengatur Konsumsi Air Putih Saat Puasa

Apa kata dokter dan apa yang harus diperhatikan jika harus mengonsumsi obat mag setiap hari? 

Dokter umum di RSUD dr Moewardi Solo, Jawa Tengah, dr Wahyu Tri Kusprasetyo, mengatakan, efek samping terlalu sering minum obat sakit mag adalah sembelit.

"Efek samping obat mag adalah sembelit. Namun karena kandungan kombinasinya, yaitu alumunium dan magnesium, maka efeknya sangat minimal terjadi," kata Wahyu saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/4/2021).

Perhatikan kondisi

Saat dihubungi terpisah, dokter umum RS Polri Raden Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Reisa Kartikasari, menjelaskan, penting untuk mengetahui terlebih dulu penyebab dari penyakit lambung.

"Untuk penderita mag, tentu harus tahu dulu penyebabnya apa dan kondisinya seperti apa. Karena keluhan magnya bisa disebabkan oleh beberapa hal," kata Reisa kepada Kompas.com, Sabtu (17/4/2021).

Beberapa kondisi yang biasanya berkaitan dengan lambung, antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X