Pangeran Philip Dimakamkan pada 17 April 2021, seperti Ini Rangkaian Prosesnya

Kompas.com - 12/04/2021, 08:32 WIB
Bendera dibentangkan di antara bunga-bunga di luar Kastil Windsor di Windsor, Inggris setelah pengumuman mengenai kematian Pangeran Philip dari Inggris, Jumat 9 April 2021. AP PHOTO/FRANK AUGSTEINBendera dibentangkan di antara bunga-bunga di luar Kastil Windsor di Windsor, Inggris setelah pengumuman mengenai kematian Pangeran Philip dari Inggris, Jumat 9 April 2021.

KOMPAS.com - Kerajaan Inggris masih dalam suasana berduka setelah berpulangnya Pangeran Philip yang merupakan suami Ratu Elizabeth II.

Pangeran Philip, yang bergelar Duke of Edinburgh itu, mengembuskan napas terakhir pada Jumat (9/4/2021), dalam usia 99 tahun.

Saat ini, jenazahnya masih disemayamkan di Kastil Windsor.

Melansir BBC, Sabtu (10/4/2021), prosesi pemakaman rencananya akan digelar pekan depan, Sabtu (17/4/2021) pukul 15.00 waktu setempat, di Kapel St George yang ada di bagian halaman dari Kastil.

Proses itu hanya akan dihadiri oleh pelayat dalam jumlah sangat terbatas, namun akan disiarkan melalui siaran televisi di Inggris.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenang Pangeran Philip (1921-2021)

Berikut ini rangkaian prosesi pemakaman Pangeran Philip, pria yang telah mendampingi Ratu Elizabeth II, selama hampir 70 tahun.

Permintaan Pangeran Philip

Upacara pemakaman dengan sedikit pelayat adalah permintaan dari Pangeran Philip semasa hidupnya. Keinginan ini akan dikabulkan dalam prosesi nanti.

Selain itu, ia juga pernah meminta agar jasadnya tidak disemayamkan di tempat yang peti matinya bisa diakses serta dilihat publik. Kini, ia disemayamkan di kapel pribadinya yang ada di Kastil Windsor hingga tiba hari pemakaman.

Peti mati

Peti mati Pangeran Philip dibalut dengan bendera khusus, sesuai dengan perjalanan hidup yang pernah dilalui Philip.

Bendera itu mewakili sejumlah elemen hidup Pangeran, mulai dari lambang 3 naga dan hati yang ada di seragam militer Denmark, bendera Yunani, dua garis hitam penanda keluarga Mountbatten, dan gambar kastil Edinburgh.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X