Operation Forth Bridge untuk Pangeran Philip, Ini Nama Sandi Kematian Anggota Kerajaan Inggris

Kompas.com - 10/04/2021, 14:50 WIB
Papan iklan elektronik menampilkan penghormatan kepada Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, di pusat kota London pada 9 April 2021 setelah kematian Pangeran Philip. Suami Ratu Elizabeth II tersebut baru-baru ini menghabiskan lebih dari sebulan di rumah sakit dan menjalani prosedur jantung. Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun. AFP PHOTO/NIKLAS HALLE'NPapan iklan elektronik menampilkan penghormatan kepada Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, di pusat kota London pada 9 April 2021 setelah kematian Pangeran Philip. Suami Ratu Elizabeth II tersebut baru-baru ini menghabiskan lebih dari sebulan di rumah sakit dan menjalani prosedur jantung. Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun.

KOMPAS.com - Istana Buckingham mengumumkan bahwa Pangeran Philip meninggal dunia pada Jumat (9/4/2021) di usia 99 tahun.

"Dengan kesedihan yang mendalam bahwa Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," kata Juru Bicara Kerajaan.

"Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya," demikian pernyataan pihak Kerjaan.

Operation Forth Bridge

Kematian Pangeran Philip memiliki nama sandi Operation Forth Bridge.

Forth Bridge yang dibuka pada 1890, merupakan salah satu jembatan rangka kantilever terbesar dan menjadi simbol Edinburgh yang diakui secara global.

Seperti keinginannya, Pangeran Philip tidak akan mengadakan pemakaman kenegaraan.

Baca juga: Mengenang Sosok Pangeran Philip dan Perjalanan Hidupnya...

Pemakamannya akan disiarkan secara langsung di televisi dan diadakan di Kapel St George, Windsor, bukan di Westminster Abbey, tempat berlangsungnya pemakaman Ibu Suri dan Putri Diana.

"Dia tidak menganggap dirinya cukup penting untuk itu," kata seorang ajudan, dikutip dari Independent.

Sumber kerajaan mengklaim bahwa Duke of Edinburgh telah terhibur oleh kenyataan bahwa banyak orang yang terlibat dalam perencanaan pemakamannya, sebenarnya, telah mendahuluinya.

Sandi kematian

Nama kode untuk kematian awalnya diperkenalkan untuk mencegah berita kematian anggota kerajaan bocor sebelum pengumuman resmi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X