[HOAKS] Link Pendaftaran Bantuan Kuota Internet 15 GB dari Kemendikbud

Kompas.com - 12/04/2021, 08:05 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebutkan tentang adanya link pendaftaran untuk mendapatkan bantuan kuota internet gratis sebesar 15 GB beredar di media sosial Facebook.

Dalam narasi unggahan, disebutkan bantuan kuota internet itu diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui link pendaftaran yang disertakan dalam unggahan tersebut.

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Informasi yang menyebar itu merupakan hoaks berulang karena pernah beredar dan telah dibantah oleh pihak Kemendikbud.

Narasi yang beredar

Informasi mengenai link pendaftaran untuk mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 15 GB dari Kemendikbud itu disebarkan oleh akun Facebook atas nama Lidya Ismonika pada Sabtu (10/4/2021).

Berikut narasi selengkapnya:

"Daftar untuk mendapatkan Bantuan kuota internet 15 gb setiap bulan cair bulan ini Kuota Kemendikbud 2021 diberikan kepada peserta didik dan pendidik jenjang PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah, serta dosen dan mahasiswa. Penyaluran bantuan kuota internetgratis Kemendikbud ini dilakukan pada tanggal 11-15 setiap bulannya, silahkan daftar sekarang untuk menerima kuota gratis,"

Tangkapan layar hoaks link pendaftaran bantuan kuota KemendikbudScreenshot Facebook: Lidya Ismonika Tangkapan layar hoaks link pendaftaran bantuan kuota Kemendikbud

Ketika link yang ditautkan pada pesan itu diklik, akan muncul website yang sekilas tampak seperti website resmi. Dalam website tersebut, terdapat tombol "DAFTAR DI SINI'".

Tangkapan layar website mengatasnamakan bantuan kuota internet KemendikbudScreenshot Tangkapan layar website mengatasnamakan bantuan kuota internet Kemendikbud

Ketika tombol tersebut diklik, maka pengunjung akan diarahkan menuju sebuah website yang berisi formulir pendaftaran.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X