Naik KA pada 11 dan 14 Maret, Semua Tes Covid-19 Berlaku 1x24 Jam

Kompas.com - 09/03/2021, 19:27 WIB
Pemeriksaan GeNose di salah satu dari 12 stasiun KA yang saat ini sudah melayani fasilitas tersebut (dok. PT Kereta Api Indonesia). dok. PT Kereta Api IndonesiaPemeriksaan GeNose di salah satu dari 12 stasiun KA yang saat ini sudah melayani fasilitas tersebut (dok. PT Kereta Api Indonesia).

 

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia mengumumkan masa berlaku Surat Keterangan Negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR bagi para penumpang Kereta Api Jarak Jauh yang akan berangkat pada hari libur keagamaan Isra' Mi'raj 11 yang jatuh pada 11 Maret 2021 dan Hari Raya Nyepi pada 14 Maret 2021.

Seluruh tes Covid-19 itu hanya berlaku 1X24 jam untuk keberangkatan pada kedua hari libur keagamaan itu.

“Aturan tersebut sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Khusus untuk keberangkatan saat libur keagamaan atau libur panjang, maka penumpang wajib melakukan pemeriksaan GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

"Adapun untuk keberangkatan di luar tanggal tersebut, pelanggan dapat menunjukkan surat bebas Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan," ujar Joni.

Baca juga: 3 Pilihan Tes Covid-19 untuk Penuhi Syarat Naik Kereta Api

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Informasi mengenai masa berlaku pengambilan sampel di masa libur panjang dan libur keagamaan itu juga diumumkan PT KAI melalui akun Instagram-nya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAI121 (@kai121_)

Sebelumnya, pada Sabtu (6/3/2021), Joni menginformasikan, aturan baru tersebut juga mengatur bahwa surat keterangan GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR tidak wajib untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Ketentuan lain yang harus diperhatikan penumpang KA:

  • Harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam)
  • Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius
  • Memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

Penumpang juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung selama perjalanan.

“Bagi pelanggan KA yang perjalanannya kurang dari 2 jam tidak diperkenankan untuk makan dan minum, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut,” ujar Joni.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.