Kartu Prakerja 2021 Dibuka, Apakah "Alumni" 2020 Bisa Daftar Lagi?

Kompas.com - 26/02/2021, 08:04 WIB
Gelombang 12 Kartu Prakerja resmi dibuka pada Selasa (23/2/2021) Instagram: @prakerja.go.idGelombang 12 Kartu Prakerja resmi dibuka pada Selasa (23/2/2021)

KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja gelombang ke-12 telah dibuka pada Selasa (23/2/2021). Calon peserta pelatihan bisa mendaftar dan login di www.prakerja.go.id.

Kuota untuk gelombang 12 ini disediakan sebanyak 600.000 peserta dan pendaftaran akan ditutup pada 26 Februari 2021.

Apakah "alumni" atau peserta Kartu Prakerja yang sebelumnya telah lolos pada gelombang 2020, diperbolehkan mendaftar lagi pada 2021?

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Sudah Dibuka, Berikut Cara Daftar, Besaran Insentif, hingga Persyaratannya

Penjelasan pihak Prakerja

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, menegaskan, peserta yang sudah pernah lolos sebagai penerima Kartu Prakerja, tidak dapat mendaftar kembali.

Program Kartu Prakerja hanya dapat diterima sekali seumur hidup.

"Program Kartu Prakerja hanya bisa diterima satu kali seumur hidup. Jadi mereka yang sudah pernah menerima di tahun 2020 tidak bisa ikut lagi," ujar Louisa saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/2/2021).

Ia mengatakan, alasan mengapa "alumni" Kartu Prakerja 2020 tidak bisa mendaftar lagi adalah untuk asas pemerataan.

Selain itu, mereka yang sudah menerima bantuan sosial (bansos) dari program lain juga tidak bisa mengikuti Kartu Prakerja.

Baca juga: Golongan yang Tidak Bisa Daftar Kartu Prakerja, Apa Saja?

Penerima PKH dan BPNT tidak bisa mendaftar

Adapun bansos tersebut di antaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Jika tetap mendaftar, maka sistem akan otomatis menolak Nomor Induk Keluarga (NIK) milik mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X