Kompas.com - 16/02/2021, 19:27 WIB
Aktor Kim Jung-Hyun memerankan Raja Cheoljong dalam drama Korea Mr. Queen screenshootAktor Kim Jung-Hyun memerankan Raja Cheoljong dalam drama Korea Mr. Queen

KOMPAS.com - Drama Korea "Mr Queen" menuntaskan episode terakhirnya akhir pekan lalu, setelah tayang sebanyak 20 episode. 

Total, drakor yang dibintangi oleh Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun ini menemani penggemarnya selama 10 minggu setelah tayang perdana pada 12 Desember 2020 lalu. 

Drakor dengan setting Dinasti Joseon itu banyak diminati pecinta drama Korea.

Dikutip dari data Nielsen Korea, episode terakhir yang tayang pada 14 Februari 2021 lalu mencatat rating 17,4 persen dengan titik tertinggi 19,3 persen.

Baca juga: Mr. Queen dan Shin Hye Sun Duduki Posisi Puncak Drama dan Pemeran yang Paling Dibicarakan

Sinopsis Mr. Queen

Cerita bermula saat Jang Bong-Hwan yang bekerja sebagai koki di Blue House atau Istana Kepresidenan Korsel tiba-tiba jiwanya berpindah ke dalam tubuh Ratu Kim So-Yong pada periode Joseon.

Sampai pada akhirnya, Ratu Kim So-Yong bersama Raja Cheoljong yang awalnya seperti raja boneka bersama-sama melawan Klan Andong Kim yang disebutkan sangat korup. 

Klan Andong Kim yang diceritakan menguasai kerajaan dipimpin Ratu Sunwon dan adik laki-lakinya Kim Jwa-Geun. 

Ratu Sunwon yang sangat ambisius sebelumnya merupakan istri almarhum Raja Sunjo.

Selain karena jalan ceritanya yang lucu, segar dan selalu menyimpan kejutan, drakor yang bersetting sejarah Korea abad ke-18 itu menjadikannya banyak ditunggu penonton. 

Disebutkan, cerita dalam drakor tersebut sedikit banyak diambil dari kisah nyata raja ke-25 dari Dinasti Joseon Korea.

Berbeda dengan cerita dalam drama Korea, kehidupan asli Cheoljong sangat tragis. Sejak lahir hingga meninggalnya. 

Baca juga: Sinopsis Mr. Queen, Kisah Koki Pria Terjebak dalam Tubuh Ratu Joseon

Sosok Raja Cheoljong

Sosok Raja Cheoljong ???:Eggmoon Sosok Raja Cheoljong

Pada 25 Juli 1849, Raja Heonjeong (raja ke-24 Dinasti Joseon Korea) meninggal, pemimpin kerajaan tersebut meninggalkan Korea dalam keadaan yang carut-marut.

Meskipun ia telah memerintah selama 15 tahun, Raja Heonjeong tidak memiliki ahli waris.

Pilihan yang diambil janda Ratu adalah mengadopsi kerabat jauh dan mengangkatnya sebagai raja.

Anak yang dipilih Ratu yaitu kerabat jauh kerajaan bernama Yi Won-beom, pria berusia 19 tahun yang kemudian dikenal sebagai Raja Cheoljong.

Dilansir dari The Korea Times, (10/11/2020), Yi Won-beom yang lahir pada 25 Juli 1831 dinilai kurang layak jika dijadikan raja. Sebab, ia tidak bisa membaca satu huruf pun alias buta huruf dan tidak memiliki keistimewaan lain.

Namun disebutkan, itu lah salah satu alasan diangkatnya Cheoljong untuk dijadikan raja boneka bagi Klan Andong Kim yang dikuasai janda Raja Heonjeong. 

Baca juga: Profil Pemain Utama Mr. Queen, Drakor Terbaru yang Sukses Raih Rating Tinggi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X