Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Seniman Melukis Orang-orang yang Memakai Masker di Kereta

Kompas.com - 15/02/2021, 16:15 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

Sumber CNN,Newsweek

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video aksi seorang seniman yang melukis wajah orang asing yang memakai masker di kereta bawah tanah, viral di media sosial TikTok

Video tersebut direkam dan dibagikan oleh sang seniman, Devon Rodriguez, melalui akun TikTok miliknya @devondrodriguezart pada Sabtu (6/2/2021).

@devonrodriguezart

She almost cried ???? ##painting ##artistsoftiktok ##trending ##fyp

? Rasputin (7" Version) - Boney M.

Melansir Newsweek, Senin (8/2/2021) dalam video itu, Rodriguez terlihat sedang melukis dengan cepat wajah orang asing secara random atau acak yang duduk di seberangnya di dalam gerbong subway.

Perempuan, yang mengenakan masker dan menundukkan kepalanya itu, tampaknya tidak menyadari bahwa Rodriguez tengah melukis wajahnya.

Baca juga: Video Viral Bajaj Masuk Tol JORR Cakung Melawan Arah, Ini Kata Polisi

Terharu

Begitu Rodriguez menyelesaikan lukisannya, dia menghampiri perempuan itu dan memberikan karyanya.

"Maaf, nona. Saya melukis wajah Anda. Anda bisa membawanya pulang. Ini adalah hadiah. Selamat hari Jumat," kata Rodriguez.

Saat menerima lukisan karya Rodriguez, perempuan itu terpana dan terlihat sedikit tidak percaya dengan apa yang dilihatnya.

"Aku tidak tahu harus berkata apa. Ini adalah hal termanis yang bisa dilakukan seseorang," kata perempuan itu.

Hingga Senin (15/2/2021) video buatan Rodriguez itu telah mendapat 7,6 juta likes, dan mendapat lebih dari 50 ribu komentar dari pengguna TikTok.

Baca juga: Video Viral Sebuah Mobil Terseret Lahar Dingin Semeru, Ini Kronologinya

Mengabadikan wajah pandemi

Melansir CNN, 1 September 2020, aksi melukis wajah orang asing di subway telah dilakukan oleh Devon Rodriguez (24) sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia.

@devonrodriguezart

Spreading positivity for the holidays ?????? When you give, you get so much more in return ♥? ##GiveExtragetextra ##ad

? Steven Universe - L.Dre

Dia mengatakan, apa yang dia lakukan merupakan upayanya untuk mengabadikan wajah dari pandemi yang telah memengaruhi berbagai sendi kehidupan.

"Subway telah menjadi subjek karya saya selama beberapa tahun. Wajah adalah hal yang biasa saya abadikan di subway, dan sekarang sebagian besar wajah tertutup oleh masker," kata Rodriguez.

"Saya rasa menarik untuk menangkap momen dahsyat ini dalam lukisan. Ini akan mencerminkan tahun 2020, ketika saya berada di masa depan dan melihat kembali masa-masa sekarang. Akan sangat menarik untuk mengabadikan berbagai jenis masker yang dikenakan orang dan bagaimana mereka memakainya," kata Rodriguez melanjutkan.

Baca juga: Mengenal Leni Haini, Mantan Atlet Dayung Jambi yang Viral karena Berencana Menjual Medalinya

Hampir setiap hari

@devonrodriguezart

The subway sketcher ???? ##nycsubway ##drawing ##tiktokart ##foryou

? Dancing in My Room - 347aidan

Hampir setiap hari, Rodriguez menghabiskan waktu berjam-jam melakukan perjalanan acak menggunakan subway untuk mencari inspirasi yang sempurna.

Ketika dia menemukan seseorang yang menurutnya menarik, dia akan melukis mereka di buku sketsa miliknya.

Rodriguez mengatakan, dirinya sudah melukis orang di subway sejak 2011. Akan tetapi, dia mengaku bahwa kegiatan itu sempat dia hentikan cukup lama.

"Saya kembali melakukannya, karena orang-orang kini mengenakan masker dan betapa berbedanya subway karena hal itu. Pandemi menambahkan dimensi baru pada karya saya. Hal itu mengubah potret subway secara keseluruhan," kata Rodriguez.

Baca juga: Video Viral Uang Redenominasi Bergambar Presiden Jokowi, Ini Kata BI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com