Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Seniman Melukis Orang-orang yang Memakai Masker di Kereta

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video aksi seorang seniman yang melukis wajah orang asing yang memakai masker di kereta bawah tanah, viral di media sosial TikTok. 

Video tersebut direkam dan dibagikan oleh sang seniman, Devon Rodriguez, melalui akun TikTok miliknya @devondrodriguezart pada Sabtu (6/2/2021).

Perempuan, yang mengenakan masker dan menundukkan kepalanya itu, tampaknya tidak menyadari bahwa Rodriguez tengah melukis wajahnya.

Terharu

Begitu Rodriguez menyelesaikan lukisannya, dia menghampiri perempuan itu dan memberikan karyanya.

"Maaf, nona. Saya melukis wajah Anda. Anda bisa membawanya pulang. Ini adalah hadiah. Selamat hari Jumat," kata Rodriguez.

Saat menerima lukisan karya Rodriguez, perempuan itu terpana dan terlihat sedikit tidak percaya dengan apa yang dilihatnya.

"Aku tidak tahu harus berkata apa. Ini adalah hal termanis yang bisa dilakukan seseorang," kata perempuan itu.

Hingga Senin (15/2/2021) video buatan Rodriguez itu telah mendapat 7,6 juta likes, dan mendapat lebih dari 50 ribu komentar dari pengguna TikTok.

Mengabadikan wajah pandemi

Melansir CNN, 1 September 2020, aksi melukis wajah orang asing di subway telah dilakukan oleh Devon Rodriguez (24) sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia.

"Subway telah menjadi subjek karya saya selama beberapa tahun. Wajah adalah hal yang biasa saya abadikan di subway, dan sekarang sebagian besar wajah tertutup oleh masker," kata Rodriguez.

"Saya rasa menarik untuk menangkap momen dahsyat ini dalam lukisan. Ini akan mencerminkan tahun 2020, ketika saya berada di masa depan dan melihat kembali masa-masa sekarang. Akan sangat menarik untuk mengabadikan berbagai jenis masker yang dikenakan orang dan bagaimana mereka memakainya," kata Rodriguez melanjutkan.

Ketika dia menemukan seseorang yang menurutnya menarik, dia akan melukis mereka di buku sketsa miliknya.

Rodriguez mengatakan, dirinya sudah melukis orang di subway sejak 2011. Akan tetapi, dia mengaku bahwa kegiatan itu sempat dia hentikan cukup lama.

"Saya kembali melakukannya, karena orang-orang kini mengenakan masker dan betapa berbedanya subway karena hal itu. Pandemi menambahkan dimensi baru pada karya saya. Hal itu mengubah potret subway secara keseluruhan," kata Rodriguez.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/15/161500465/video-viral-seniman-melukis-orang-orang-yang-memakai-masker-di-kereta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke