Hari Ini dalam Sejarah: Gempa M 7,7 di Gujarat Sebabkan 20.000 Orang Meninggal

Kompas.com - 26/01/2021, 09:55 WIB
Gempa Gujarat India 26 Januari 2001 Twitter/@ronakbkothariGempa Gujarat India 26 Januari 2001

KOMPAS.com - Tepat hari ini dua dekade yang lalu, 26 Januari 2001, wilayah Gujarat di sisi barat laut India dilanda gempa tektonik berkekuatan cukup besar.

Berdasarkan Volcano Discovery, gempa ini memiliki kekuatan M 7,7 dan terjadi pada hari Jumat ketika itu, pukul 08.46 waktu setempat, di kedalaman 16 kilometer.

Namun, ahli seismologi Amerika Serikat dan China menyebut getaran itu ada di kisaran M 7,6 - 7,9. Sementara tim dari India dan Inggris hanya mengatakan kekuatannya lebih dari M 6,9.

Baca juga: 25 Januari 1939, 28.000 Orang Tewas karena Gempa di Cile

Guncangan terasa hingga Pakistan, Bangladesh, dan Nepal

Guncangan tidak hanya dirasakan di Gujarat saja, tapi juga di luar kawasan India, mulai dari Pakistan, Bangladesh, dan Nepal.

Meskipun bermagnitudo cukup besar, namun gempa tidak sampai menimbulkan gelombang tsunami.

Akan tetapi, gempa yang berlangsung selama 45 detik itu mengakibatkan belasan ribu orang tewas, dan puluhan ribu lainnya ketika itu, belum ditemukan.

Menteri Pertahanan India saat itu George Fernandes sempat memperkirakan, jumlah korban tewas akibat gempa yang melanda India bagian barat mencapai 100.000 orang lebih. 

Namun Menteri Dalam Negeri Gujarat Haren Pandya menyatakan bahwa angka 100.000 orang tewas itu merupakan perkiraan Fernandes sendiri. Ia sendiri seperti perhitungan pemerintah memperkirakan korban tewas antara 15.000-20.000 orang.

Kebanyakan korban terjebak dan tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk, karena pada saat itu hari libur nasional dan banyak masyarakat yang berdiam di dalam rumah. 

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Shaanxi Tewaskan 830.000 Orang di China

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X