Laporan PBB: Dunia Kehilangan 255 Juta Lapangan Pekerjaan pada 2020

Kompas.com - 26/01/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi mencari kerja di situs pencari kerja SHUTTER STOCKIlustrasi mencari kerja di situs pencari kerja

KOMPAS.com - Pandemi virus corona Covid-19 berdampak besar pada sektor pekerjaan global selama 2020.

Dalam sebuah studi baru, Organisasi Perburuhan Internasional PBB ( ILO) menemukan bahwa 8,8 persen jam kerja global hilang pada 2020 dibandingkan dengan kuartal keempat 2019.

Angka itu setera dengan 255 juta pekerjaan penuh waktu atau sekitar empat kali lebih besar dari jumlah yang hilang selama krisis keuangan global pada 2009.

"Ini merupakan krisis paling parah bagi dunia kerja sejak depresi hebat tahun 1930-an," kata kata kepala ILO Guy Ryder, dikutip dari AFP, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Indef Prediksi Pengangguran Bertambah 1,1 Juta Orang akibat Pandemi pada 2021

Badan tenaga kerja PBB menjelaskan bahwa sekitar setengah dari jam kerja yang hilang dihitung dari pengurangan jam kerja bagi mereka yang masih bekerja.

Akan tetapi, dunia juga melihat tingkat kehilangan pekerjaan yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun lalu.

Pengangguran 220 juta

Di sisi lain, jumlah pengangguran global resmi melonjak 1,1 persen, atau 33 juta sehingga menjadi total 220 juta orang. Semenetara tingkat pengangguran di seluruh dunia sebesar 6,5 persen tahun lalu.

Ryder menyebutkan bahwa 81 juta orang lainnya tidak mendaftar sebagai pengangguran, tetapi keluar begitu saja dari pasar tenaga kerja.

"Entah mereka tidak dapat bekerja mungkin karena pembatasan pandemi atau kewajiban sosial atau mereka menyerah mencari pekerjaan," kata dia.

ILO mencatat, jam kerja yang hilang tahun lalu menyusutkan pendapatan tenaga kerja global sebesar 8,3 persen penuh.

Itu berarti penurunan sekitar 3,7 triliun dollar AS atau 4,4 persen dari keseluruhan produk domestik bruto (PDB) global.

Baca juga: Macam-Macam Pengangguran dan Cara Mengatasinya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X