Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Singapura Kirim Surat untuk Tenaga Kesehatan, Begini Isinya

Kompas.com - 29/12/2020, 15:57 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong menulis surat terbuka untuk tenaga kesehatan di Singapura, Senin (28/12/2020).

Dalam surat yang dirilis melalui laman resmi Kementerian Kesehatan Singapura, Gan berterima kasih kepada para petugas layanan kesehatan yang telah bekerja keras berperang melawan pandemi Covid-19.

Berkat kerja keras tenaga kesehatan, Singapura kini sukses mengendalikan virus corona dan termasuk negara dengan angka kematian terendah.

"Saya ingin berterima kasih karena Anda telah membawa Singapura sejauh ini dalam perjalanan kami," kata Gan dalam suratnya.

"Tingkat kematian akibat Covid-19 di Singapura termasuk yang terendah di dunia sama sekali bukan keberuntungan. Itu adalah bukti kerja keras, ketekunan, dan pengorbanan Anda," sambungnya.

Sejak konfirmasi kasus pertama pada 23 Januari 2020, Singapura telah melaporkan 58.529 kasus infeksi dengan 29 kematian.

Baca juga: Singapura Akan Memulai Vaksinasi Covid-19 pada 30 Desember 2020

Isi lengkap surat Menkes Singapura

Ini isi lengkap surat Menkes Singapura:

Saat kita memulai perjalanan Fase Tiga pada hari ini (28 Desember) dan tahun ini akan segera berakhir, inilah saat yang tepat untuk merefleksikan apa yang telah kita lalui bersama di tahun yang luar biasa ini, tahun yang akan terukir dalam ingatan kolektif kita setelah pandemi berakhir.

Singapura melihat kasus Covid-19 impor pertama pada 23 Januari, dan kami telah berkembang pesat sejak saat itu.

Bagi keluarga perawatan kesehatan, tahun 2020 tidak diragukan lagi merupakan tahun yang melelahkan, terkadang diisi dengan keputusasaan. Tetapi tahun ini juga ditentukan oleh rasa misi, tujuan, dan persahabatan yang kuat saat persaudaraan perawatan kesehatan bersatu untuk menjaga keamanan Singapura.

Dari hari-hari awal kecemasan dan ketidakpastian, kami dengan cepat melakukan improvisasi dan menyesuaikan struktur dan proses kami untuk menemukan cara baru dalam merawat setiap pasien Covid-19 atau lainnya.

Kami mengerahkan tim medis ke fasilitas perawatan komunitas dan asrama, menambah tenaga perawatan kesehatan kami dengan SG Healthcare Corps, serta bekerja sama dengan mitra di seluruh sektor publik dan swasta untuk menyaring, menguji, dan merawat pasien.

Pada puncaknya, Singapura mencatat rekor mengejutkan, lebih dari 1.400 kasus baru sehari di bulan April. Tapi menyerah bukanlah pilihan.

Sebagai sebuah bangsa, kami terus maju, dan melalui upaya besar-besaran, dengan setiap orang Singapura memainkan peran mereka, kami akhirnya berhasil menurunkan transmisi lokal kami ke level terendah hari ini, dengan nol kasus pada beberapa hari.

Sebagai petugas layanan kesehatan, Anda memainkan peran penting dalam perjuangan bangsa kita melawan Covid-19. Saya ingin berterima kasih karena Anda telah membawa Singapura sejauh ini dalam perjalanan kami. Tingkat kematian akibat Covid-19 di Singapura termasuk yang terendah di dunia sama sekali bukan keberuntungan. Itu adalah bukti kerja keras, ketekunan, dan pengorbanan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com