4 Negara yang Sudah Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Pfizer

Kompas.com - 11/12/2020, 10:33 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer 90 persen efektif berdasarkan pengamatan dari sekitar 43.000 relawan di Amerika Serikat (AS), hanya 94 orang yang terkonfirmasi Covid-19, sejak pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 atau plasebo. SHUTTERSTOCK/Blue Planet StudioIlustrasi vaksin Pfizer 90 persen efektif berdasarkan pengamatan dari sekitar 43.000 relawan di Amerika Serikat (AS), hanya 94 orang yang terkonfirmasi Covid-19, sejak pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 atau plasebo.
|

KOMPAS.com – Vaksin virus corona buatan Pfizer dan BioNTech telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari regulator empat negara.

Keempat negara yang memberikan izin penggunaan darurat yaitu Inggris, Bahrain, Kanada, dan Arab Saudi.

Sebelumnya, dikutip dari BBC pada 18 November 2020, Pfizer mengeklaim data awal menunjukkan vaksin memiliki efektivitas 90 persen dan tak ada masalah keamanan.

Pfizer juga menyebut vaksin mampu melindungi 94 persen orang dewasa berusia di atas 65 tahun.

1. Inggris

Inggris adalah negara pertama yang mengizinkan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNtech.

Bahkan, diberitakan AP, negara tersebut telah memulai program vaksinasi dengan vaksin virus corona Pfizer pada Selasa (8/12/2020).

Akan tetapi, pada Kamis (10/12/2020), Regulator Medis Inggris memperingatkan orang-orang dengan riwayat alergi yang serius dilarang menggunakan vaksin dari Pfizer-BioNTech.

Peringatan itu muncul setelah dua orang penerima vaksin di Inggris mengalami alergi parah. Peringatan itu dikeluarkan untuk kehati-hatian.

Profesor Stephen Powis, Direktur Medis Layanan Kesehatan Nasional Inggris, menyebut saat ini mereka yang mengalami alergi telah pulih kembali.

Baca juga: Inggris Selidiki Reaksi Alergi pada Dua Orang yang Mendapat Vaksin Covid-19

2. Bahrain

Bahrain telah menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 dari Pfizer pada 4 Desember. Mereka menjadi negara kedua yang menyetujui vaksin ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X