Inggris Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer

Kompas.com - 02/12/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer 90 persen efektif berdasarkan pengamatan dari sekitar 43.000 relawan di Amerika Serikat (AS), hanya 94 orang yang terkonfirmasi Covid-19, sejak pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 atau plasebo. SHUTTERSTOCK/Blue Planet StudioIlustrasi vaksin Pfizer 90 persen efektif berdasarkan pengamatan dari sekitar 43.000 relawan di Amerika Serikat (AS), hanya 94 orang yang terkonfirmasi Covid-19, sejak pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 atau plasebo.

KOMPAS.com - Pemerintah Inggris menjadi negara pertama yang memberikan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech.

Dilansir dari AP News, Rabu (2/12/2020) izin tersebut didapat pada hari ini. Pemberian izin darurat untuk Pfizer dinilai sebagai langkah besar untuk mengakhiri pandemi virus corona.

CEO Pfizer, Albert Bourla menyebut, izin penggunaan darurat yang diberikan oleh Inggris adalah sebuah momen bersejarah.

"Kami fokus untuk bergerak dengan tingkat urgensi yang sama, untuk secara aman memasok vaksin berkualitas tinggi ke seluruh dunia," kata Bourla dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Saat Efektivitas Vaksin Pfizer Diklaim Mencapai 95 Persen...

Selain Pfizer, Inggris juga tengah mempertimbangkan untuk memberikan izin penggunaan darurat kepada vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca dan Universitas Oxford.

Sementara itu, media-media Inggris melaporkan bahwa rumah sakit-rumah sakit di negara itu telah diminta untuk bersiap melakukan vaksinasi kepada tenaga medisnya pada pekan depan.

Tenaga kesehatan jadi prioritas

Inggris telah memesan cukup vaksin untuk 20 juta orang, namun masih belum jelas berapa banyak yang akan tiba pada akhir tahun.

Pfizer mengatakan, setelah izin penggunaan darurat diterbitkan, perusahaan itu akan segera mulai mengirimkan pasokan vaksin ke Inggris.

Namun, karena kelangkaan dosis, maka persediaan awal akan dijatah sampai lebih banyak dosis diproduksi dalam beberapa bulan pertama tahun depan.

Baca juga: Minggu Ini, Inggris Akan Setujui Vaksin Covid-19 Pfizer 

Selain masalah ketersediaan dosis, Inggris juga harus menghadapi tantangan dalam hal distribusi, karena vaksin Pfizer harus disimpan pada suhu yang sangat dingin.

Halaman:

Sumber AP News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X