Hari Toilet Sedunia 19 November, Berikut Tema hingga Sejarahnya...

Kompas.com - 19/11/2020, 13:10 WIB
World Toilet Day ShutterstockWorld Toilet Day

KOMPAS.com - Hari ini, 19 November 2020, diperingati sebagai Hari Toilet Sedunia.

Adanya peringatan Hari Toilet Sedunia memiliki upaya menginspirasi tindakan untuk mengatasi krisis sanitasi secara global.

Dikutip dari laman resmi WHO, adapun tema Hari Toilet Sedunia 2020 adalah sanitasi berkelanjutan dan perubahan iklim.

Baca juga: Hari Diabetes Sedunia 14 November: Makna, Simbol, dan Sejarahnya...

Alasan diangkatnya tema tersebut adalah karena perubahan iklim semakin parah.

Banjir, kekeringan, dan kenaikan permukaan laut mengancam sistem sanitasi, dari toilet hingga tangki septic tank hingga instalasi pengolahan.

Setiap orang harus memiliki sanitasi berkelanjutan yang dapat menahan perubahan iklim dan menjaga komunitas tetap sehat dan berfungsi.

Baca juga: Kapan Musim Kemarau 2020 Berakhir dan Musim Penghujan di Indonesia Dimulai?

Target sanitasi

Sistem sanitasi berkelanjutan juga menggunakan kembali limbah untuk meningkatkan pertanian dengan aman dan mengurangi serta menangkap emisi untuk energi yang lebih hijau.

Hari Toilet Sedunia adalah Peringatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang merayakan toilet dan meningkatkan kesadaran dari 4,2 miliar orang yang hidup tanpa akses ke sanitasi yang dikelola dengan aman.

Sustainable Development Goal yang keenam memiliki target sanitasi yang mencakup hal-hal berikut:

  • Mencapai akses sanitasi yang memadai dan merata bagi semua
  • Menghentikan praktik toilet terbuka
  • Memperbaiki kualitas air dengan menurunkan polusi dan meningkatkan penggunaan kembali yang aman dari pengelolaan air limbah

Baca juga: 7 Manfaat Minum Air Putih, Apa Saja?

Sejarah Hari Toilet Sedunia

Untuk mematahkan tabu seputar toilet dan mewujudkan sanitasi untuk seluruh prioritas pengembangan global, Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 19 November sebagai Hari Toilet Sedunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X