Periode Pemberkasan Diperpanjang, Apakah Jadwal TMT CPNS 2019 Mundur?

Kompas.com - 18/11/2020, 06:30 WIB
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

KOMPAS.com - Periode pemberkasan bagi para peserta yang lulus seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 akan segera selesai.

Masa unggah dokumen di tahap pemberkasan sendiri telah mengalami perpanjangan, dari sebelumnya pada 6-15 November 2020 menjadi hingga 21 November 2020.

"Perpanjangan masa pengunggahan dokumen pemberkasan di SSCN ini dilakukan untuk mengakomodir penggantian peserta yang mengundurkan diri pada seleksi CPNS 2019 yang disampaikan instansi pusat dan daerah melalui permohonan ke BKN," tulis Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam keterangan resminya, Selasa (17/11/2020).

Lantas, setelah masa unggah dokumen pemberkasan selesai, bagaimana tahap selanjutnya?

Baca juga: Hasil CPNS 2019 Apa Bisa Dipakai di Tes CPNS Selanjutnya? Ini Kata BKN...

Penerbitan NIP dan jadwal TMT

Setelah pemberkasan, BKN akan melakukan proses validasi data peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan hasil verifikasi masing-masing instansi terhadap kelengkapan dokumen yang diunggah peserta di portal SSCN.

"Proses validasi data peserta lulus seleksi CPNS merupakan rangkaian dari tahapan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP) yang ditetapkan BKN setelah memperoleh usulan dari instansi," tulis Plt Kepala Biro Hubungan Masyarkat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono dalam keterangan resminya, Senin (17/11/2020).

Berdasarkan jadwal yang tertera dalam Surat Kepala BKN Nomor: K 26-30/V/116-4/99, setelah pemberkasan usai, jadwal yang tersisa adalah pengusulan NIP dan TMT (Terhitung Mulai Tanggal) CPNS.

Meski periode pemberkasan mengalami perpanjangan waktu, Paryono menyebut belum adanya rencana perubahan jadwal agenda selanjutnya. 

BKN sendiri mengharapkan usul dari instansi masuk ke BKN di bulan November, sehingga jadwal TMT CPNS 2019 dapat ditetapkan per 1 Desember 2020.

Baca juga: Periode Pemberkasan CPNS Diperpanjang, Simak Informasinya...

Mekanisme penggantian peserta mengundurkan diri

Sementara itu, BKN mengingatkan peserta yang lolos CPNS 2019 masih dapat diganti jika mengundurkan diri, dianggap mengundurkan diri karena tidak menyampaikan kelengkapan dokumen sesuai batas waktu yang ditentukan, atau meninggal dunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X