[HOAKS] Fluorida di Pasta Gigi Sebabkan Kanker Tulang Osteosarcoma

Kompas.com - 17/11/2020, 19:40 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Tersiar informasi di media sosial bahwa fluorida dalam pasta gigi dan air minum sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan osteosarcoma atau kanker tulang ganas.

Informasi itu diklaim berasal dari The National Toxicology Program dan penelitian Harvard University.

Sejumlah penelitian membuktikan tidak ada hubungan antara fluorida, termasuk dalam pasta gigi maupun air minum, dengan osteosarcoma.

Dalam penelitian yang diunggah World Health Organization, disebutkan bahwa studi osteosarcoma pada manusia telah gagal mengidentifikasi korelasi apapun dengan paparan fluorida.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Hasya Almahyra Shafiya pada 26 Oktober 2020 mengedarkan status mengenai bahaya fluorida yang ada dalam pasta gigi dan cadangan air minum warga Amerika Serikat.

Fluorida disebut dapat mengakibatkan osteosarcoma atau kanker tulang ganas. Berikut isi lengkap statusnya:

"Fluoride adalah satu kata yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi zat ini terdapat dalam pasta gigi (odol) yang pastinya dalam sehari dapat kita pakai lebih dari sekali.
Malah secara umum dipersepsikan orang sebagai zat ampuh untuk memperkuat tulang gigi. Sebab itu, zat ini banyak disisipkan di dalam pasta gigi. Bahkan 66% cadangan air minum warga AS telah dicampuri zat ini secara sengaja.
Namun, Fluoride yang selalu di gembar-gemborkan baik untuk gigi tersebut ternyata terbukti menunjukkan fakta yang sebaliknya yakni, Fluoride sangatlah berbahaya.
Menurut The National Toxicology Program (NTP) dan berbagai penelitian termasuk dari Harvard University pada hewan dan manusia, Fluoride diduga meningkatkan kemungkinan terkena Osteosarcoma, suatu kanker tulang ganas yang sangat mematikan.
Resiko ini paling besar dimiliki oleh mereka yang berumur 10-20 tahun. Bila terkena Osteosarcoma, lebih dari setengah pasien hanya bertahan hidup selama beberapa tahun setelah penyakitnya ditemukan."

Status Facebook dengan klaim keliru bahwa fluorida dapat mengakibatkan osteosarcoma.Facebook Status Facebook dengan klaim keliru bahwa fluorida dapat mengakibatkan osteosarcoma.

Akun Facebook Habibah Zahra Milagros mengedarkan narasi serupa pada Desember 2019.

Penjelasan

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa tidak ada hubungan antara fluorida, dalam pasta gigi maupun air minum, dengan osteosarcoma atau kanker tulang.

"Banyak studi lanjutan dan tinjauan sistematis selama 25 tahun terakhir tidak menemukan bukti kuat bahwa fluorida dalam air minum menyebabkan kanker. Konsensus saat ini fluoridasi air aman dan bermanfaat bagi kesehatan gigi," tulis Healthline.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X