Salah Input Data atau Dokumen Pemberkasan CPNS, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 17/11/2020, 20:37 WIB
Peserta tes CPNS Pemkot Magelang tahun 2019 di halaman GOR Samapta Kota Magelang, Februari 2019 lalu. KOMPAS.COM/IKA FITRIANAPeserta tes CPNS Pemkot Magelang tahun 2019 di halaman GOR Samapta Kota Magelang, Februari 2019 lalu.

KOMPAS.com - Proses Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 kini memasuki babak final, yaitu pemberkasan dokumen.

Peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) wajib mengisi data dan mengunggah berkas-berkas yang dipersyaratkan.

Berkas tersebut akan menjadi syarat untuk mengusulkan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Akan tetapi, ada sejumlah peserta yang mengaku salah saat meng-input data atau mengunggah dokumen.

"Admin saya melakukan kesalahan di pemilihan prodi pada DRH akibatnya data saya tdk valid karena prodi ijazah dan sscn berbeda, apa saya bisa memperbaiki DRH saya di web sscn min. Instansi saya menyarankan bertanya langsung ke bkn. Minta tolong dibantu min saya bingung," tulis salah satu akun dengan pada kolom komentar twit @BKNgoid.

Baca juga: Peserta yang Sudah Lolos CPNS 2019 Bisa Digantikan, jika...

Bagaimana jika mengalami hal seperti ini? Apa yang harus dilakukan?

Jawaban BKN

Staf Humas BKN Diah Eka Palupi mengatakan, data peserta CPNS yang sudah di-submit tidak bisa diubah lagi.

Akan tetapi, jika terdapat kesalahan data yang berkaitan dengan nama, tempat dan tanggal lahir, maka akan diminta untuk memperbaiki.

"Salah input data yang akan diminta perbaikan oleh petugas verifikasi instansi adalah nama, tempat lahir, tanggal lahir," kata Diah saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Sementara, kesalahan input data selain tiga poin di atas, misalnya nama program studi, bisa diperbaiki di kemudian hari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X