Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini: Analisis BMKG Penyebab Gempa M 6,0 di Mentawai, Sumbar

Kompas.com - 17/11/2020, 11:12 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,0 terjadi di wilayah di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Selasa (17/11/2020) sekitar pukul 08.44 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun menyampaikan hasil analisis penyebab terjadinya gempa tektonik ini.

Melalui keterangan resmi, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutkan, pusat gempa terjadi di lautan dengan koordinat 2,90 LS dan 99,07 BT, tepatnya di kedalaman 13 km.

Titik episenter ini terletak di 112 km arah barat daya Kota Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada kedalaman 13 km.

Dengan memperhatikan episenter dan kedalaman pusat gempa, gempa kali ini termasuk dalam gempa dangkal.

Baca juga: Gempa Bumi 6,3 M Dirasakan di Padang dan Bengkulu

Tidak berpotensi tsunami

Meski terjadi di lautan dengan kedalaman yang relatif dangkal, gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," jelas Daryono.

Kemudian, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, Daryono menyebut gempa terjadi akibat adanya aktivitas penyesaran di lokasi yang dekat dengan daerah tumbukan lempeng.

"Akibat aktivitas penyesaran di Investigator Fracture Zone (IFZ) dekat dengan batas tumbukan lempeng," kata Daryono, Selasa (17/11/2020).

Sementara itu, analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa yang terjadi pagi tadi memiliki pergerakan mendatar atau disebut juga sebagai strike slip fault.

Guncangan gempa di Kepulauan Mentawai itu tidak hanya dirasakan di lokasi sekitar, tetapi juga hingga Kota Padang, Painan, Sipora. Solok, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Pariaman, Kepahiang, Pasaman, Kerinci, Payakumbuh, dan Solok Selatan.

BMKG pun menyebutkan, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan sebagai dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Baca juga: Gempa M 6,0 Guncang Mentawai, Wakil Bupati Sebut Warga Keluar Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com