Hari Ini dalam Sejarah: Peresmian Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Kompas.com - 17/11/2020, 09:15 WIB
Peresmian Waduk Gajah Mungkur Wonogiri pada 17 November 1981. Dok. Humas Kabupaten WonogiriPeresmian Waduk Gajah Mungkur Wonogiri pada 17 November 1981.

KOMPAS.com - Hari ini 39 tahun lalu, tepatnya pada 17 November 1981, Waduk Gajah Mungkur yang berlokasi di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Dikutip dari Harian Kompas, 18 November 1981, Waduk Gajah Mungkur Wonogiri merupakan satu dari empat waduk besar yang dibangun dalam Proyek Bengawan Solo.

Proyek tersebut bertujuan untuk mengendalikan sifat-sifat air sungai Bengawan Solo yang merusak, dan mengusahakannya agar bermanfaat.

Waduk ini memiliki luas 88 kilometer persegi dan mampu menampung debit air 750 juta meter kubik.

Adanya waduk ini diharapkan bisa mengendalikan banjir di hilir, terutama sampai Kota Solo, dan dapat mengairi daerah irigasi seluas 23.200 hektar, di samping mampu menghasilkan 12,4 MW tenaga listrik.

Baca juga: Mengenang Perkampungan yang Kini Menjadi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Direncanakan tahan 100 tahun

Pemberitaan Harian Kompas, 17 November 1981 menyebutkan, proses pembangunan Waduk Gajah Mungkur dimulai sejak 1974.

Pembangunan waduk ini melibatkan cukup banyak orang, yaitu 2.800 pekerja termasuk 35 ahli dari Jepang sebagai penasihat.

Anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan Waduk Gajah Mungkur tidak kurang dari Rp 55 miliar, di antaranya Rp 34 miliar dari APBN dan sisanya merupakan bantuan Pemerintah Jepang.

Mata anggaran terbesar antara lain digunakan untuk memindahkan sekitar 13.000 KK (Kepala Keluarga) dan pembebasan tanahnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X