[KLARIFIKASI] Video Polisi Disebut Menyamar Jadi Mahasiswa Ditangkap Polisi Lainnya

Kompas.com - 22/10/2020, 15:53 WIB
Tangkapan layar unggahan video dengan narasi polisi menangkap mahasiswa yang menyamar menjadi polisi. FacebookTangkapan layar unggahan video dengan narasi polisi menangkap mahasiswa yang menyamar menjadi polisi.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial mengenai polisi yang menyamar menjadi mahasiswa ditangkap polisi lainnya saat unjuk rasa di Jambi.

Video dalam narasi itu menunjukkan kericuhan antara polisi dengan sejumlah orang yang mengenakan kaus.

Polisi menegaskan narasi itu tidak benar. Menurut kepolisian, polisi memang mengamankan seorang mahasiswa, bukan polisi menyamar jadi mahasiswa.

Sementara, keributan terjadi akibat salah paham antaranggota polisi berseragam dan tidak berseragam.

Narasi yang Beredar

Narasi polisi menangkap seorang polisi yang menyamar menjadi mahasiswa dimuat akun Dhana Iswary Zaa di statusnya di Facebook, Rabu (21/10/2020). Berikut isi lengkap statusnya:

"Kebongkar RAHASIA pura2 jadi mahasiswa, terus pura2 di tangkap. Ternyata Perwira Polisi yang menyamar supaya ada berita penangkapan, eeehhh ternyata kena bogem dari shabara"

Dia juga mengunggah sebuah video berdurasi 2 menit 7 detik. Dalam video itu, tampak sejumlah orang berkaus dan beberapa orang berseragam polisi menggiring dan memiting seorang pemuda yang memakai jas berwarna hijau.

Tiba-tiba, muncul lelaki berkaus hitam memukul pemuda berjas hijau yang tengah digiring itu. Di saat itu juga, seorang polisi yang datang dari arah belakang kerumunan memukul pria tidak berseragam yang tengah menggirin pemuda berjas hijau.

Lantas, terjadilah adu mulut dan terdengar suara yang menyebut "Itu perwiraku." Keributan pun berlangsung hingga akhirnya dilerai.

Unggahan tersebut hingga Kamis (22/10/2020) sudah mendapat 145 komentar dan 216 kali dibagikan.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X