Hari Santri 2020, Momen Berjuang di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 22/10/2020, 14:58 WIB
Peringatan Hari Santri 2020, dengan tema Santri Sehat Indonesia Kuat. DOK. KemenagPeringatan Hari Santri 2020, dengan tema Santri Sehat Indonesia Kuat.

KOMPAS.com - Tanggal 22 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Santri Nasional sejak 2015.

Penetapan Hari Santri Nasional berkaitan dengan peranan para santri dalam melawan Belanda saat agresi militer kedua.

Salah satu momen penting yang melandasi pencanangan Hari Santri adalah saat Hasyim Asy’ari mendeklarasikan resolusi jihad yang mewajibkan seluruh umat Islam melawan penjajah.

Sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini, peringatan Hari Santri 2020 mengusung tema "Santri Sehat Indonesia Kuat".

Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU) Robikin Emhas mengatakan, para santri bisa mengambil peran untuk berjuang dalam menanggulangi wabah virus corona.

"Doa dan harapan kami kepada para santri, di ladang perkhidmatan apa pun berada, dalam konteks Indonesia dan dunia yang tengah berjuang menghadapi pandemi, mari kita ambil peran untuk berjihad memberikan sumbangsih terbaik untuk menaggulangi wabah Covid-19," kata Robikin kepada Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Hari Santri Nasional, Wapres Ingin Pesantren Lahirkan Santri Gus Iwan

Bagi Robikin, santri merupakan etalase peradaban dunia di era serba digital saat ini.

Cerminan wajah Islam Wasathiyah, Islam yang ramah dan rahmah, ada di pundak mereka. 

"Termasuk ilmu untuk menghadapi era industri 4.0. Santri harus mampu menjadi pelopor perjalanan peradaban," kata Robikin.

Meski dalam situasi pandemi, ia bersukur peringatan Hari Santri 2020 tetap bisa dirayakan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X