Virus Corona dan Meninggalnya Relawan Uji Vaksin Covid-19 AstraZeneca...

Kompas.com - 22/10/2020, 14:35 WIB
Ilustrasi anti vaksin, tak percaya vaksin. SHUTTERSTOCK/JasniIlustrasi anti vaksin, tak percaya vaksin.

KOMPAS.com - Seorang sukarelawan dalam uji coba vaksin virus corona meninggal dunia. Dia merupakan relawan dari uji coba vaksin AstraZeneca dari Universitas Oxford yang dilakukan di Brasil.

Hal itu diumumkan pada Rabu (21/10/2020) oleh Badan Pengawas Kesehatan Brasil Anvisa. Tetapi penyelenggara mengatakan tidak ada alasan untuk menghentikan uji coba vaksin itu.

Dikutip CNN, Rabu (21/10/2020), Anvisa mengatakan bahwa mereka telah diberitahu tentang kematian tersebut pada Senin (19/10/2020), tetapi Komite Evaluasi dan Keamanan Internasional yang mengawasi uji coba merekomendasikan agar uji coba dilanjutkan.

Baca juga: Mengenal 9 Kandidat Vaksin Virus Corona

Anvisa mengatakan tidak ada informasi lebih lanjut yang dirilis untuk alasan privasi medis.

Pihak penyelenggara, Oxford mengatakan, semua insiden medis yang signifikan, baik peserta dalam kelompok kontrol atau kelompok vaksin Covid-19, ditinjau secara independen.

"Setelah penilaian yang cermat terhadap kasus ini di Brasil, tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis dan tinjauan independen di selain regulator Brasil telah merekomendasikan bahwa uji coba harus dilanjutkan," kata penyelenggara.

Sejauh ini, D'Or Institute, yang mengelola uji klinis di Rio, mengatakan 8.000 relawan telah menerima vaksin atau plasebo dalam uji coba tersebut.

"Analisis ketat dari data yang dikumpulkan hingga sekarang tidak menimbulkan keraguan tentang keamanan penelitian, dan karenanya merekomendasikan untuk dilanjutkan," kata Institut itu dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Flu dengan Covid-19?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X