Kemasan Makanan Beku yang Tercemar Virus Corona Disebut Bisa Sebabkan Infeksi

Kompas.com - 18/10/2020, 20:15 WIB
ilustrasi makanan beku shutterstockilustrasi makanan beku

KOMPAS.com - Otoritas Pengendalian Penyakit China menyebutkan, jika seseorang memegang atau kontak dengan kemasan makanan beku yang terkontaminasi oleh virus corona, bisa menyebabkan infeksi.

Melansir Reuters, Minggu (18/10/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( CDC) China mendeteksi dan mengisolasi virus corona hidup pada kemasan luar makanan beku dalam upaya melacak wabah Covid-19 pada pekan lalu di Kota Qingdao, China.

Menurut CDC, penemuan itu menjadi yang pertama di dunia soal potensi virus dapat menular melalui barang beku.

Pendeteksian ini dilakukan karena ada dua orang pekerja dermaga di Qingdao yang awalnya didiagnosis terinfeksi tanpa gejala membawa virus itu ke rumah sakit di China pada September 2020.

Karena sistem desinfeksi dan perlindungan yang tidak memadai, dua pekerja ini menularkannya kepada petugas rumah sakit tersebut.

Baca juga: Studi: Strain Virus Corona Babi SADS-CoV Dapat Menular pada Manusia

Awal mula penularan

Namun, pernyataan CDC bahwa dua pekerja itu kemungkinan tertular virus corona dari kemasan makanan beku tidak menunjukkan bukti kuat.

Seorang ahli virologi di Universitas Hong Kong, Profesor Jin Dong Yan, meduga, dua pekerja tersebut tertular virus dari tempat lain dan kemudian mencemari kemasan makanan yang ditanganinya.

CDC mengakui, tidak ada kasus yang ditemukan dari konsumen yang melakukan kontak dengan kemasan makanan beku. Risiko penularan dinilai sangat rendah.  

Meski demikian, CDC menyarankan agar pekerja yang menangani, memproses, dan menjual produk beku harus menghindari kontak langsung antara kulit dengan produk yang mungkin tercemar virus.

Selain itu, staf tidak boleh menyentuh mulut atau hidung mereka sebelum melepas pakaian kerja yang mungkin terkontaminasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X