Studi Kemhan AS: Risiko Infeksi Corona di Pesawat Sangat Rendah

Kompas.com - 16/10/2020, 12:50 WIB
Ilustrasi penumpang pesawat memakai masker selama penerbangan. SHUTTERSTOCK/Thanakorn.PIlustrasi penumpang pesawat memakai masker selama penerbangan.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Sebuah studi yang dilakukan Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) menemukan risiko infeksi virus corona di dalam pesawat sangat rendah.

Dilansir Reuters, Kamis (15/2020), penemuan ini menjadi sinyal positif bagi industri penerbangan saat berusaha pulih dari efek pandemi Covid-19.

Berdasarkan penelitian itu, saat penumpang mengenakan masker risiko penularan tetap ada, akan tetapi sekitar 0,003 persen.

Pengujian mengasumsikan hanya satu orang yang terinfeksi virus corona di dalam pesawat dan tidak mensimulasikan efek pergerakan di sekitar kabin.

Baca juga: Studi: Obat Sakit Maag Mampu Lawan Virus Corona pada Hewan

Studi dilakukan di atas pesawat United Airlines, Boeing 777 dan 767. Dalam penelitian, ditemukan bahwa masker dapat membantu meminimalkan paparan infeksi ketika seseorang batuk, bahkan di kursi yang berdekatan.

Sekitar 99,99 persen partikel akan disaring keluar dari kabin dalam waktu 6 menit karena sirkulasi udara yang cepat, ventilasi udara, dan sistem filtrasi di pesawat.

Diperkirakan untuk menerima dosis infeksius, penumpang harus terbang selama 54 jam di pesawat dengan membawa orang yang terinfeksi.

United Airlines, yang juga menyediakan pilot untuk tes tersebut, bersusah payah untuk mempresentasikan hasil yang menguntungkannya.

"Hasil ini... berarti peluang Anda terkena Covid-19 di Pesawat United hampir tidak ada, bahkan jika penerbangan penuh," kata Chief Customer Officer United Airlines, Toby Enqvist.

Baca juga: Studi: Virus Corona Bisa Bertahan hingga 28 Hari di Uang Kertas hingga Layar Ponsel 

Mengutip CNA, Jumat (16/10/2020), penelitian selama enam bulan ini melibatkan 300 tes selama 38 jam waktu penerbangan dan 45 jam pengujian darat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X