Trending #NoBraDay, Mari Kenali Kanker Payudara dari Gejala hingga Deteksi Dini

Kompas.com - 13/10/2020, 20:31 WIB
Ilustrasi kanker payudara ShutterstockIlustrasi kanker payudara

KOMPAS.com - Tagar #NoBraDay atau Hari Tanpa Bra menjadi salah satu trending topic di media sosial Twitter pada Selasa (13/10/2020).

Tagar tersebut merupakan bagian dari kampanye edukasi terkait kanker payudara yang diperingati perempuan di berbagai belahan dunia. No Bra Day juga bagian dukungan untuk penderita kanker payudara.

Berikut adalah beberapa cuitan warganet yang menyertakan tagar #NoBraDay:

Baca juga: 13 Oktober Diperingati sebagai No Bra Day, Bagaimana Sejarah dan Tujuannya?

Sejarah No Bra Day

Diberitakan Kompas.com, Selasa (13/10/2020), peringatan No Bra Day pertama kali dicetuskan sembilan tahun lalu, tepatnya 13 Oktober 2011. 

Gerakan ini dipopulerkan Dr Mitchell Brown yang menginisiasi kampanye BRA (Breast Reconstruction Awareness) Day untuk mendidik pasien seputar kanker payudara.

Kemudian setiap 13 Oktober, kelompok sadar kanker payudara mengajak para perempuan agar tidak memakai bra.

Mereka juga meminta perempuan untuk memeriksakan diri apabila terkena kanker payudara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menetapkan Oktober sebagai bulan Kesadaran Kanker Payudara untuk membantu meningkatkan kesadaran, deteksi dini, dan pengobatan serta perawatan.

Baca juga: Kedelai Menurunkan Risiko Kanker Payudara, Fakta atau Mitos?

Kanker payudara dan gejala

Dilansir dari Healthline, kanker payudara adalah kanker yang berkembang di sel payudara. Umumnya, kanker terbentuk di lobulus atau saluran payudara.

Lobulus adalah kelenjar yang menghasilkan susu dan duktus adalah jalur yang membawa susu dari kelenjar ke puting.

Kanker juga dapat terjadi di jaringan lemak atau jaringan ikat fibrosa di dalam payudara.

Sel kanker yang tidak terkontrol seringkali menyerang jaringan payudara sehat lainnya dan dapat berpindah ke kelenjar getah bening di bawah ketiak. Kelenjar getah bening adalah jalur utama yang membantu sel kanker berpindah ke bagian tubuh lainnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X