Kompas.com - 05/10/2020, 12:05 WIB
Sebuah gambar dirilis Kementerian Purbakala Mesir pada tanggal 20 September 2020, menunjukkan satu dari 14 peti mati berusia 2.500 tahun yang ditemukan di sebuah lubang pemakaman di pekuburan gurun Saqqara di selatan ibu kota. - Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan penemuan 14 peti mati baru di daerah Saqqara yang terkubur selama sekitar 2500 tahun. Egyptian Ministry of Antiquities / AFPSebuah gambar dirilis Kementerian Purbakala Mesir pada tanggal 20 September 2020, menunjukkan satu dari 14 peti mati berusia 2.500 tahun yang ditemukan di sebuah lubang pemakaman di pekuburan gurun Saqqara di selatan ibu kota. - Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan penemuan 14 peti mati baru di daerah Saqqara yang terkubur selama sekitar 2500 tahun.

KOMPAS.com - Tim arkeolog Mesir mengumumkan penemuan 59 sarkofagus yang masih tersegel dari perkebunon kuno Saqqara, 32 kilomater dari Kairo.

Sisa-sisa mumi berusia hampir 2.500 tahun juga termasuk dalam penemuan itu.

Saqqara merupakan salah satu situs arkeologi terpenting di dunia dan ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 1970-an.

Meskipun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengidentifikasi siapa yang dimakamkan di sana, para ahli percaya mumi itu adalah pendeta dan pejabat yang pernah menyucikan kuburan itu.

Selain masih tersegel, warna sarkofagus juga masih terlihat jelas dan orisinal. Ini menjadikannya sebagai salah satu temuan arkeologi paling signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

"Penemuan ini akan tersebar ke seluruh dunia karena ini adalah penemuan terpenting yang terjadi di Mesir pada tahun 2020," kata ahli Mesir Kuno dan mantan Menteri Urusan Barang Kuno Mesir Zahi Hawass, dikutip dari Arab News, Sabtu (3/10/2020).

Baca juga: Misteri Jutaan Burung Dimumikan, Bagaimana Orang Mesir Kuno Mendapatkannya?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tidak bisa menjelaskan kepada Anda, itu adalah gairah ketika Anda menemukan mumi untuk pertama kalinya yang disegel selama ribuan tahun. Saya selalu mengatakan bahwa Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin disembunyikan oleh pasir Mesir," lanjut dia.

Situs Saqqara telah menghasilkan beberapa penemuan luar biasa, termasuk batu kapur, peti mati kayu, kuburan kucing besar, dan koleksi langka kumbang scarab.

Patung perunggu Dewa Nefertam dan obelisk kayu yang dihiasi hieroglif juga ditemukan baru-baru ini.

Sekretaris Jenderal Dewan Tinggi Purbakala Mesir Dr Mostafa Waziri mengira situs tersebut hanya menyimpan mumi hewan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X