Apakah Tes Swab untuk Mendeteksi Covid-19 Menyakitkan?

Kompas.com - 23/09/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi tes Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona. ShutterstockIlustrasi tes Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona.

KOMPAS.com - Tes swab atau usap dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan pengujian virus corona yang akurat.

Cara tersebut dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan menggunakan batang plastik berujung kapas.

Sampel kemudian dimasukkan ke dalam botol, dan kemudian dikirim ke lab untuk dianalisis.

Namun, benarkah tes swab menyakitkan?

Dilansir dari Arab News, 10 Mei 2020, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi Mohammed Al-Abd Al-Aly mengatakan seseorang yang menjalani tes swab akan merasakan sedikit ketidaknyamanan dan rasa ingin bersin atau batuk.

Sensasi itu kemudian akan hilang setelah proses pengambilan sampel, yang hanya berlangsung beberapa detik, selesai dilakukan.

Baca juga: Pemerintah Perbanyak Tes Swab di 9 Provinsi Ini

Sementara itu, Fadwa Al-Ofi, seorang pakar penyakit menular, mengatakan pengambilan sampel dalam tes swab hanya butuh waktu singkat.

"Menurut keterangan pasien, ada sedikit rasa sakit atau perasaan ingin bersin,” ujar dia.

Fadwa menyebut, tingkatan rasa sakit yang dirasakan setiap orang berbeda-beda. Meski begitu, dia meyakinkan bahwa rasa tidak nyaman itu hanya berlangsung beberapa detik saja.

Dilansir Departemen Kesehatan Queensland, Australia, 31 Agustus 2020, tes swab untuk mendeteksi Covid-19 seharusnya tidak menyakitkan, tetapi bisa membuat pasien merasa tidak nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X