INFOGRAFIK: Mengenal Apa Itu Eazy Passport dan Cara Mengajukannya...

Kompas.com - 23/09/2020, 19:05 WIB
Eazy Passport, Layanan Pembuatan Paspor di Luar Kantor Imigrasi KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoEazy Passport, Layanan Pembuatan Paspor di Luar Kantor Imigrasi

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) baru-baru ini meluncurkan program pelayanan paspor secara kolektif yang diberi nama "Eazy Passport".

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang mengatakan, melalui program tersebut, pemohon nantinya bisa mengajukan paspor tanpa perlu ke kantor imigrasi, karena petugas yang akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan.

"Jadi, kami mendatangi pemohon di perkantoran, sekolah, kampus, maupun perumahan. Tujuannya adalah supaya pemohon dari berbagai wilayah tidak bertemu di kantor Imigrasi," kata Arvin saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Baca juga: Berikut Cara Membuat Paspor untuk Lansia, Tidak Perlu Antre Online

Seluruh proses permohonan paspor, mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari, imbuhnya dilakukan di lokasi kegiatan.

Nantinya, paspor yang sudah jadi bisa diambil secara perwakilan atau bisa juga dikirim ke rumah melalui jasa PT Pos Indonesia.

Melansir laman resmi Ditjen Imigrasi Kemenkumham, program pelayanan Eazy Passport menyasar komunitas seperti pegawai di perkantoran pemerintah, TNI, Polri, BUMN, BUMD, swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi dengan syarat minimal pemohon sebanyak 50 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pelaksanaannya, progam pelayanan ini akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Tak Bisa ke Kantor Imigrasi karena Pandemi? Coba Layanan Eazy Passport

Lantas bagaimana cara pengajuan permohonan layanan Eazy Passport?

Informasi lebih lengkapnya dapat disimak di infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Eazy Passport, Layanan Pembuatan Paspor di Luar Kantor Imigrasi


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.