Corona Ditemukan pada Kemasan Cumi Impor, Otoritas China Desak Konsumen Lakukan Tes

Kompas.com - 21/09/2020, 17:08 WIB
Ilustrasi cumi segar. SHUTTERSTOCK/PORING STUDIOIlustrasi cumi segar.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Otoritas Kesehatan di Kota Fuyu, Provinsi Jilin, China, menyatakan menemukan virus corona pada kemasan cumi-cumi impor asal Rusia pada Minggu (20/9/2020)

Dilansir Reuters, Senin (21/9/2020), dengan penemuan tersebut, otoritas China mendesak siapa pun yang telah membeli cumi-cumi tersebut untuk melakukan pengujian terhadap Covid-19 secara mandiri.

Seluruh orang yang telah membeli dan memakan cumi-cumi impor di toko grosir makanan laut beku Sanjia Deda, dari 24-31 Agustus, juga diminta melapor ke otoritas setempat.

Mereka diminta untuk melakukan tes yang berkaitan dengan virus corona.

Kantor pencegahan virus corona Changchun menjelaskan, cumi-cumi ini diimpor dari Rusia oleh sebuah perusahaan di Kota Hunchun, di mana kemudian dibawa ke Ibu Kota Provinsi.

Pada Jumat (18/9/2020), Bea Cukai China menyatakan akan menanggguhkan impor dari perusahaan selama satu minggu jika produk makanan beku dinyatakan positif terpapar virus corona.

Baca juga: Sinovac China Akan Uji Coba Vaksin Virus Corona pada Remaja dan Anak-anak

Sementara itu, penangguhan dilakukan selama satu bulan jika produk pemasok dinyatakan positif untuk ketiga kalinya atau lebih.

Mengutip CNA, China saat ini melaporkan sangat sedikit kasus infeksi virus yang muncul di Wuhan akhir tahun lalu.

Pada Sabtu (19/9/2020), China melaporkan 10 kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kasus baru Covid-19 tersebut datang dari orang yang memasuki China dari tempat lain.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X