Sinovac China Akan Uji Coba Vaksin Virus Corona pada Remaja dan Anak-anak

Kompas.com - 17/09/2020, 17:34 WIB
Ilustrasi vaksin corona, uji coba vaksin Oxford kembali dilanjukan setelah sepekan dihentikan karena salah satu relawan sakit. SHUTTERSTOCK/Orpheus FXIlustrasi vaksin corona, uji coba vaksin Oxford kembali dilanjukan setelah sepekan dihentikan karena salah satu relawan sakit.

KOMPAS.com - Perusahaan China yang mengembangkan vaksin virus corona, Sinovac Biotech, berencana memulai uji klinis vaksin eksperimental pada anak-anak dan remaja.

Melansir Channel News Asia, 17 September 2020, uji klinis dijadwalkan akan terlaksana pada akhir bulan ini.

Dengan adanya pengujian terhadap anak-anak dan remaja tersebut, menandakan adanya perluasan uji coba vaksin, di mana studi terhadap orang dewasa telah berada dalam tahap akhir.

Vaksin dianggap penting untuk mencegah wabah virus corona yang telah menyebabkan lebih dari 930.000 kematian di seluruh dunia.

Menurut catatan yang diterbitkan Rabu (16/9/2020), sebanyak 552 peserta berusia 3-17 tahun dalam kondisi sehat akan diberi dua dosis CoronaVac Sinovac yang terdaftar di Amerika Serikat atau plasebo dalam uji coba gabungan fase 1 dan fase 2.

Melansir The Hindu, uji klinis ini diperkirakan akan dimulai pada 28 September di Provinsi Hebei, China Utara.

Baca juga: Pernyataan Trump soal Vaksin Covid-19 Berbeda dengan Pakar Kesehatan AS

Juru bicara Sinovac menyebutkan, pengujian tersebut telah disetujui oleh regulator China.

Sementara itu, China telah menginokulasi setidaknya puluhan ribu warganya dalam meluncurkan vaksin virus corona eksperimental, yang menarik minat internasional dalam pengembangannya.

Meskipun, para ahli mengkhawatirkan keamanan obat yang belum selesai pengujian standar.

Sebagai bagian dari program itu, CoronaVac yang diuji dalam uji coba skala besar tahap akhir di Brazil, Indonesia, dan Turki, telah diberikan kepada sekitar 90 persen karyawan perusahaan dan keluarganya.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X