Memahami Vitamin C dan Pengaruhnya pada Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 20/09/2020, 13:13 WIB
Ilustrasi vitamin C Shutterstock/GargoniaIlustrasi vitamin C

KOMPAS.com - Selama ini, vitamin C diyakini sebagai salah satu vitamin yang bisa membantu meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh.

Pada masa pandemi virus corona seperti saat ini, kekebalan tubuh disebut salah satu kunci untuk mencegah terpapar virus corona.

Mari mengenal lebih jauh soal vitamin C.

Para peneliti terus melakukan kajian untuk melihat pengaruh vitamin C terhadap kekebalan.

Dilansir dari Healthline, 2 April 2020, vitamin C adalah nutrisi penting yang memiliki peran dalam tubuh, salah satunya karena mengandung antioksidan kuat.

Artinya, vitamin C dapat menetralkan senyawa tidak stabil di tubuh Anda, yakni radikal bebas dan membantu mencegah atau membalikkan kerusakan sel yang disebabkan oleh senyawa ini. 

Nilai Harian (DV) untuk vitamin C adalah 90 mg per hari.

Sementara, wanita menyusui membutuhkan tambahan 30 mg dan orang yang merokok membutuhkan tambahan 35 mg per hari.

Sangat mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin C melalui diet, selama Anda makan berbagai buah dan sayuran.

Misalnya, satu jeruk berukuran sedang menyediakan 77 persen DV, dan 1 cangkir (160 gram) brokoli yang dimasak menyediakan 112 persen DV.

Baca juga: Virus Corona, Gangguan Pernapasan Akut, dan Respons Sistem Kekebalan Tubuh...

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X