Kompas.com - 06/09/2020, 11:08 WIB
Ilustrasi Meterai KAHFI DIRGA CAHYA/KOMPAS.COMIlustrasi Meterai

KOMPAS.com – Rancangan Undang-Undang (RUU) Bea Materai telah mendapatkan persetujuan dari Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah.

Tahapan selanjutnya, RUU tersebut akan dibawa ke rapat paripurna untuk pengesahan.

Melansir dari laman resmi Setkab, salah satu poin dari RUU Bea Materai yang telah disepakati DPR dan pemerintah ini adalah mengenai akan adanya meterai elektronik.

“Pengembangan teknologi pembayaran Bea Meterai merupakan langkah konkret yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut dari pengenaan Bea Meterai atas dokumen elektronik,” ujar Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati dikutip dari laman tersebut.

Baca juga: Netflix, Diburu Sri Mulyani, Dirangkul Nadiem Makarim

Lebih lanjut, Menkeu menyebut bahwa Pemerintah tetap akan melakukan pengembangan secara sederhana dan efektif sehingga tidak menimbulkan transaction cost yang tinggi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, mengutip dari Kompas.com (3/9/2020) bea meterai baru diharapkan dapat memberlakukan dokumen tak hanya bentuk kertas tapi juga digital sehingga mampu memberikan kesamaan perlakuan untuk dokumen kertas dan non kertas.

Karena sebelumnya dokumen elektronik tidaklah diatur untuk dikenai tarif bea materai.

Baca juga: Kenaikan Iuran BPJS, Diteken Presiden, Ditolak DPR hingga Diamnya Sri Mulyani

Kenaikan tarif bea meterai

Pada RUU baru ini juga mengatur mengenai kenaikan tarif bea materai menjadi Rp 10.000.

Adapun nantinya nilai dokumen yang dikenai bea materai dinaikkan dari yang semula Rp 1 juta menjadi Rp 5 juta.

Direktur Peraturan Perpajakan I Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu Arif Yanuar menyampaikan dalam RUU Bea Meterai yang disetujui ini akan menimbulkan penurunan potensi obyek kena pajak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X