INFOGRAFIK: Ketentuan dan Larangan bagi Pesepeda

Kompas.com - 19/09/2020, 07:07 WIB
Aturan Kelengkapan yang Harus Dipenuhi pada Sepeda KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoAturan Kelengkapan yang Harus Dipenuhi pada Sepeda

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

Peraturan yang diteken pada 14 Agustus 2020 tersebut diterbitkan guna mewujudkan tertib berlalu lintas dan menjamin keselamatan pengguna sepeda di jalan.

Kendati demikian, sosialisasi mengenai aturan tersebut baru dilakukan mulai Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Aturan Menteri Terbit, Ini Kelengkapan yang Harus Dipenuhi pada Sepeda

Meski mendapat apresiasi, namun aturan soal bersepeda tersebut dinilai masih ada beberapa hal yang dirasa kurang dan bias.

Misalnya dalam pasal 4 ayat 1 yang diatur perihal penggunaan spakbor pada sepeda.

Selain itu ada pula aturan yang masih memerlukan kajian lebih dalam kaitannya dengan pasal 13 huruf C, yang mengatur soal lajur sepeda dengan jalur khusus bus.

Baca juga: 6 Larangan bagi Pesepeda Saat Berkendara di Jalan

Informasi selengkapnya soal aturan kelengkapan yang harus dipenuhi pada sepeda dan larangan bagi pesepeda tersebut dapat disimak di infografik berikut!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Aturan Kelengkapan yang Harus Dipenuhi pada Sepeda

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X