Studi: Kerusakan Paru-paru dan Jantung dari Pasien Covid-19 Bisa Pulih

Kompas.com - 11/09/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Salah satu akibat yang ditimbulkan setelah terinfeksi virus corona adalah paru-paru atau jantung seseorang pasien akan mengalami kerusakan.

Kabar baiknya adalah kerusakan paru dan jantung akibat infeksi Covid-19 tersebut dapat membaik seiring berjalannya waktu.

Meengutip EurekAlert, Minggu (6/9/2020), hal itu berdasarkan hasil studi dari para peneliti di Austria yang mengamati sekitar 86 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit pada 24 April hingga 9 Juni.

Para peneliti ini melakukan studi terhadap para pasien Covid-19 di University Clinic of Internal Medicine di Innsbruck, St Vinzenz Hospital di Zams serta Cardio-Pulmonary Rehabilitation Centre di Munster, Austria.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Paru-paru Manusia Saat Terkena Virus Corona?

Kontrol ulang secara rutin

Sepulang dari rumah sakit, mereka diharuskan untuk melakukan kontrol ulang secara rutin pada 6, 12, hingga 24 minggu.

Saat melakukan kontrol, pemeriksaan klinis, uji laboratorium, analisis jumlah oksigen dan karbondioksida dalam darah arteri, dan uji fungsi paru dilakukan terhadap pasien-pasien tersebut.

Pada saat kunjungan pertama mereka, lebih dari separuh pasien memiliki setidaknya satu gejala yang menetap, terutama sesak napas dan batuk, dan CT scan masih menunjukkan kerusakan paru-paru pada 88 persen pasien.

Sebanyak 56 pasien menunjukkan gejala persisten pada saat kunjungan di minggu keenam.

Baca juga: Viral Pesan dan Foto Kondisi Paru-paru Anak 7 Tahun Penuh Cairan Diduga Covid-19

Pada kunjungan tersebut diamati sekitar 40 pasien masih mengeluh sesak napas dan 13 pasien lainnya masih mengalami gejala batuk.

Namun, pada saat kunjungan mereka berikutnya, 12 minggu setelah keluar dari rumah sakit, gejalanya membaik, dan kerusakan paru-paru berkurang hingga 56 persen.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X