Tak Sembarangan, Ini Syarat Seseorang Bisa Dimakamkan di TMP Kalibata

Kompas.com - 10/09/2020, 18:09 WIB
Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata jelang kunjungan Raja Belanda Willem-Alexander, Selasa (9/3/2020) pagi. Kompas.com/Fitria Chusna FarisaTaman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata jelang kunjungan Raja Belanda Willem-Alexander, Selasa (9/3/2020) pagi.

KOMPAS.com - Tidak sembarangan orang bisa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kaibata, Jakarta Selatan.

Sejauh ini, TMP Kalibata ditujukan untuk para pahlawan nasional dan warga negara yang dianggap berjasa atau diusulkan oleh presiden.

Lantas, apa saja syarat seseorang bisa dimakamkan di TMP Kalibata?

Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Joko Irianto menjelaskan syarat seseorang berhak dimakamkan di TMP Kalibata telah diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Baca juga: Mengenal UU Penanganan Covid-19 yang Digugat Amien Rais, Din Syamsudiin hingga Abdullah Hehamahua

Hal itu diperjelas dengan Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar Jasa dan Tanda Kehormatan.

Dia menyebutkan yang berhak dimakamkan di TMPN Utama Kalibata adalah warga negara yang telah memiliki:

  1. Gelar Pahlawan Nasional
  2. Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia
  3. Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera
  4. Tanda Kehormatan Bintang Gerilya

Bagi mereka yang telah memiliki tanda atau gelar tersebut, bisa dimakamkan dengan syarat mengajukan permohonan terlebih dahulu.

"Mengajukan ke Garnisun, merekalah yang mengeluarkan izin. Kami hanya memfasilitasi tempat saja," ujarnya pada Kompas.com, Kamis (10/9/2020).

Baca juga: Dibuka Penerimaan Calon Perwira Prajurit Karier TNI Tahun 2020 untuk Lulusan D3-S1, Tertarik?

Prosedur pemakaman di TMP

Raja Belanda Willem-Alexander (kanan) dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti (kiri) menaruh karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Selasa (10/3/2020).ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Raja Belanda Willem-Alexander (kanan) dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti (kiri) menaruh karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Permohonan pemakaman jenazah Veteran Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) dan Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) diajukan oleh Pimpinan LVRI setempat dan/atau oleh keluarga almarhum/almarhumah kepada Garnisun setempat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X