Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Disebut Rugi Rp 11,13 Triliun, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 28/08/2020, 06:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Pertamina mencatatkan rugi bersih sebesar 767,92 juta dollar AS atau setara Rp 11,13 triliun pada semester I 2020.

Padahal di periode yang sama 2019 silam, perusahaan migas pelat merah tersebut mencatatkan laba bersih senilai 659,96 juta dollar AS atau setara dengan Rp 9,56 triliun.

Kerugian tersebut disebutkan terjadi akibat penurunan harga miinyak mentah dunia, penurunan konsumsi BBM di dalam negeri, serta pergerakan nilai tukar dollar AS yang berdampak pada rupiah

Baca juga: Soal 2 Pria Unboxing Gas Elpiji 3 Kg dan Terbakar, Ini Penjelasan Pertamina...

Menanggapi adanya hal itu, pengamat BUMN dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) Toto Pranoto menyampaikan, penurunan kinerja Pertamina tidak dapat dihindarkan.

"Ini seperti yang dialami banyak usaha sejenis dalam era pandemi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/8/2020).

Kerugian yang dialami Pertamina menurutnya disebabkan lantaran adanya kombinasi penurunan domestic demand, harga minya dunia yang cenderung melemah, serta terjadinya fluktuasi kurs atau nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada semester 1.

Baca juga: Soal Pom Bensin Terbakar Diduga karena Radiasi Ponsel, Ini Penjelasan Pertamina

Kiat khusus

Meskipun upaya-upaya efisiensi telah dilakukan, imbuhnya, penurunan delta biaya jauh lebih kecil dibandingkan penurunan delta revenue yang merosot tajam.

Oleh karena itu, dirinya berharap adanya sejumlah kiat-kiat yang dapat dilakukan Pertamina guna menekan kerugian tersebut.

"Jadi, sampai dengan akhir tahun ini, diharapkan terjadi percepatan pembayaran kompensasi subsidi BBM oleh pemerintah seperti yang sudah dijadwalkan dalam program PEN 2020, sehingga terjadi perbaikan struktur revenue," kata dia.

Baca juga: 10 BUMN yang Miliki Bisnis Hotel, dari Pertamina hingga Krakatau Steel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com