Dua Negara Ini Alami Pertumbuhan Ekonomi Saat Negara Lain Terancam Resesi

Kompas.com - 27/08/2020, 19:39 WIB
Ilustrasi resesi ekonomi akibat pandemi virus corona. SHUTTERSTOCK/LIGHTSPRINGIlustrasi resesi ekonomi akibat pandemi virus corona.

KOMPAS.com - Hingga pertengahan Agustus 2020, sebanyak 10 negara telah mengalami resei sebagai dampak dari pandemi virus corona.

Sementara, banyak negara yang terancam mengalami resesi karena pertumbuhan ekonomi minus.

Sepuluh negara yang mengalami resesi adalah Jepang, Filipina, AS, Jerman, Perancis, Italia, Korea Selatan, Hong Kong, Inggris, dan Singapura.  

Ancaman virus corona memang tak hanya mengintai sistem kesehatan masyarakat, tetapi juga ekonomi global. 

Namun, di tengah ancaman resesi itu, ada dua negara yang masih mencatatkan pertumbuhan ekonomi, yaitu China dan Vietnam.

Baca juga: Resesi Kian Nyata, Sri Mulyani Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Minus 2 Persen

China

China mengalami penurunan ekonomi tajam dalam tiga bulan pertama tahun ini selama penguncian akibat virus corona.

Namun, mengutip BBC, 16 Juli 2020, angka yang dirilis pada Juli 2020 menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) China kembali tumbuh selama April hingga Juni.

Angka tersebut lebih tinggi dari perkiraan para ahli dan mengarah ke pemulihan berbentuk V yaitu, penurunan tajam yang diikuti dengan pemulihan yang cepat.

Hal ini juga berarti China menghindari resesi teknis, yang ditandai sebagai dua periode pertumbuhan negatif berturut-turut.

Pertumbuhan kembali itu mengikuti penurunan tajam 6,8 persen pada kuartal pertama tahun ini dan menjadi kontraks terbesar sejak pencatatan PDB kuartalan dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X