Kota Semarang Lama Ditetapkan Menjadi Kawasan Cagar Budaya Nasional

Kompas.com - 21/08/2020, 21:00 WIB
Kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah. ShutterstockKawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan Kota Semarang Lama ditetapkan sebagai kawasan Cagar Budaya Nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktoraat Jenderal Kebudayaan.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) membenarkan penetapan Semarang Lama sebagai kawasan cagar budaya.

“Betul,” ujar Hevearita, yang biasa disapa Ita ini, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

Ita mengatakan, penetapan status ini dilakukan sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor: 682/P/2020 yang ditandatangani Mendikbud Nadiem Makarim pada 12 Agustus 2020.

Baca juga: Renovasi Gedung Sarinah Akan Memperhatikan Aspek Cagar Budaya

Perjuangan sejak lama

Ita mengatakan, perjuangan penetapan Kota Semarang Lama menjadi kawasan Cagar Budaya Nasional ini telah dilakukan sejak sekitar 2017.

Langkah ini berawal dari rencana masuknya situs Kota Lama Semarang ke daftar Situs Heritage UNESCO.

“Ternyata saat dicek kelengkapannya belum punya SK Cagar Budaya Nasional. Bahkan tingkat provinsi saja belum,” kata Ita.

Kemudian, Kota Lama akhirnya diperjuangkan untuk mendapatkan status cagar budaya nasional.

Akan tetapi, menurut dia, dari pembahasan bersama tim ahli Cagar Budaya Pusat, pengajuan status cagar budaya nasional, apalagi untuk masuk ke daftar UNESCO, tidak akan cukup jika hanya mengandalkan Kota Lama Semarang.

Alasannya, untuk wilayah lain seperti di negara-negara Eropa, sudah banyak wilayah yang memiliki bangunan gedung-gedung layaknya di Kota Lama.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X