Prakerja Sediakan Informasi Tren Rekrutmen, Pekerjaan Apa yang Paling Banyak Dicari di Indonesia?

Kompas.com - 16/08/2020, 15:02 WIB
Tangkapan layar Blog Tren Rekrutmen dari laman Prakerja Nur Fitriatus ShalihahTangkapan layar Blog Tren Rekrutmen dari laman Prakerja

KOMPAS.com - Baru-baru ini, di laman Kartu Prakerjaprakerja.go.id, tersedia statistik pekerjaan yang paling dicari.

Letaknya ada di pojok atas sebelah kanan laman utama Prakerja dengan nama Tren Rekrutmen.

Saat dikonfirmasi tentang fitur ini, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, informasi soal tren pekerjaan ini diharapkan bisa membantu para pencari kerja mengetahui jenis pekerjaan yang paling dicari.

"Itu bukan menu baru tapi blog yang kami bikin untuk membantu para pencari kerja mengetahui jenis pekerjaan apa yang paling dicari," kata Louisa, kepada Kompas.com, Minggu (16/8/2020).

Dengan adanya informasi ini, diharapkan para penerima manfaat Kartu Prakerja akan mengetahui pelatihan apa yang sebaiknya diambil.

Dia mengatakan, data yang tersedia pada laman tersebut bersumber dari Jobstreet. Ke depannya, menurut Louisa, akan ditambahkan pula sumber-sumber lainnya. 

"Kami akan menampilkan data-data lain dari situs mengenai kerja yang lainnya," kata dia.

Baca juga: Tidak Lolos Kartu Prakerja? Cek, Mungkin Ini Penyebabnya

Bagaimana cara menggunakannya?

Laman ini bisa diakses siapa saja, tanpa harus mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja. Laman ini juga membantu para peserta Prakerja untuk menentukan pelatihan yang akan dipilihnya.

Anda bisa memilih tren pekerjaan berdasarkan lokasi. Letaknya ada di sebelah kiri atas.

Tren pekerjaan bisa dilihat mulai dari tren se-Indonesia hingga tren per-wilayah. Contohnya tren di Yogyakarta, Aceh, Bali, hingga Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X