Ingat, Besok Hentikan Kegiatan Selama 3 Menit Saat Lagu Indonesia Raya Dikumandangkan

Kompas.com - 16/08/2020, 14:03 WIB
Sejumlah pemuda Kalukku melakukan upacara bendera di atas gunung Marano, Bebanga, Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (10/11/2019). Upacara Bendera di atas bukit tersebut bertujuan memperingati Hari Pahlawan Nasional dan dirangkaikan dengan bersih- bersih sampah diatas pegunungan. ANTARA FOTO/ Akbar Tado/hp. ANTARA FOTO/AKBAR TADOSejumlah pemuda Kalukku melakukan upacara bendera di atas gunung Marano, Bebanga, Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (10/11/2019). Upacara Bendera di atas bukit tersebut bertujuan memperingati Hari Pahlawan Nasional dan dirangkaikan dengan bersih- bersih sampah diatas pegunungan. ANTARA FOTO/ Akbar Tado/hp.

KOMPAS.com - Pemerintah meminta masyarakat Indonesia untuk menghentikan aktivitasnya sejenak selama tiga menit, yaitu pukul 10.17 hingga 10.20 WIB, pada Senin (17/8/2020).

Imbauan disampaikan dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Inddonesia (RI) Tahun 2020.

"Seluruh masyarakat Indonesia berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah," tulis Mensesneg Pratikno dalam surat tersebut.

Namun, ada pengecualian dalam menghentikan aktivitas sejenak, yakni bagi masyarakat dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan.

Kementerian Sekretariat Negara juga meminta jajaran TNI dan Polri di daerah untuk membunyikan sirine atau suara penanda lainnya sebelum lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

Suara tersebut diharapkan bisa menjadi penanda bagi masyarakat untuk menghentikan segala aktivitasnya sejenak.

Baca juga: 4 Hal yang Akan Berbeda pada HUT Ke-75 RI di Tengah Pandemi Covid-19

Peringatan HUT ke-75 RI

Sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ada sejumlah perbedaan dalam peringatan HUT ke-75 RI.

"Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19," tulis Pratikno dalam surat edarannya.

Selain itu, ada sejumlah ketentuan terkait penyelenggaran upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, di antaranya adalah:

1. Komposisi petugas upacara yang minimalis

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X