Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Media Asing Beritakan Erupsi Gunung Sinabung Hari Ini

Kompas.com - 10/08/2020, 20:39 WIB
Rizal Setyo Nugroho

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah media asing ikut memberitakan erupsi Gunung Sinabung yang terjadi pada Senin (10/8/2020).

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terjadi setidaknya dua kali, yaitu pada pukul 10.16 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 5000 m di atas puncak atau 7460 m di atas permukaan laut.

Berselang sejam pukul 11.17 WIB terjadi erupsi susulan dengan tinggi kolom abu teramati 2000 m di atas puncak atau 4460 m di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 2246 detik.

Baca juga: Gunung Sinabung Meletus, Ini Rekomendasi PVMBG

Media Hong Kong South China Morning Post yang mengutip dari kantor berita AP menuliskan bahwa letusan tersebut memuntahkan abu panas ribuan meter ke udara.

"Sinabung adalah satu di antara lebih dari 120 gunung berapi aktif di Indonesia, yang rentan terhadap pergolakan seismik karena lokasinya di 'Cincin Api' Pasifik," tulis SCMP.

Sedangkan DW yang berbasis di Jerman mengutip dari Reuters dan menuliskan letusan Sinabung pada Senin menjadi letusan kedua sejak Sabtu.

“Situasi di sekitar Gunung Sinabung sekarang sangat gelap,” kata Gilbert Sembiring, yang sedang mengunjungi seorang teman di dekat gunung tersebut saat letusan Senin terjadi.

"Itu lebih besar dari letusan beberapa hari lalu," kata dia lagi.

Media yang dibentuk sejak 1953 itu menulis, Gunung Sinabung sudah tidak aktif selama berabad-abad hingga meletus lagi pada tahun 2010.

Sejak saat itu Gunung Sinabung aktif, terkadang meletus.

Letusan tahun 2014 menewaskan 16 orang, sementara tujuh orang tewas dalam letusan tahun 2016.

Puluhan ribu orang telah terpaksa meninggalkan rumah mereka di sekitar gunung berapi aktif selama beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Gunung Sinabung Erupsi, Ini Sejarah Letusannya dalam 5 Tahun Terakhir...

Media Inggris Express yang mengutip laporan kantor berita Xinhua menyebutkan letusan terjadi pada pukul 10.16 pagi waktu setempat.

Disebutkan erupsi Sinabung mencapai ketinggian kurang lebih 5 km di atas puncak, disertai dengan aliran piroklastik yang berkembang di salah satu sisinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com